SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencuci mobil. (Carstar.com)

Tips otomotif kali ini tentang perawatan eksterior mobil.

Solopos.com, JAKARTA – Sebagian masyarakat menganggap mobil gres yang baru turun dari diler tidak boleh langsung dicuci. Lantas benarkah anggapan tersebut? Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Anggapan itu didasari oleh kondisi bodi mobil baru yang terlihat kinclong dan terasa licin saat dipengang. Alhasil konsumen menjadi khawatir apabila langsung mencucinya warna bodi mobil justru menjadi kusam dan merusak cat.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Jakarta, Suparman anggapan itu hanya mitos dan tidak benar. Mobil baru umumnya sudah dilapisi paint protector sehingga mencucinya untuk menghilangkan kotoran atau debu tidak akan menurunkan kualitas cat bodi.

“Untuk kendaraan baru Toyota pada dasarnya telah dipasang paint and sound protector pada saat kendaraan masih ada di pihak pabrikan. Apabila kendaraan telah berada di pihak customer tidak masalah untuk langsung dicuci,” ungkap Suparman sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Okezone, Sabtu (18/6/2016).

Ia menambahkan cepat lambat pudarnya warna mobil tergantung dari cara pemilik melakukan perawatan. Tips paling mudah untuk menjaga warna mobil selalu terlihat baru adalah dengan tidak parkir di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Tips kedua, lakukan pemolesan eksterior di salon mobil atau bengkel khusus. Tetapi itu tidak perlu dilakukan terlalu sering, cukup dua kali dalam setahun agar cat orisinal pabrikan tidak terkikis akibat zat kimia pada obat poles mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya