SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengelap kaca mobil. (Carscover.com)

Tips otomotif kali ini tentang menghilangkan jamur pada kaca.

Solopos.com, JAKARTA – Banyak faktor yang menyebabkan jamur tumbuh subur di kaca mobil. Bisa karena cuaca, atau karena pemilik yang kurang teliti ketika mencuci mobil. Lebih lelasnya simak sampai habis tips otomotif berikut ini.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Technical Support Auto2000 Jakarta, Agus Mustafa menjelaskan jamur umumnya muncul akibat kaca yang tersiram air dibiarkan mengering tanpa dilap. Terlebih jika air tersebut memiliki tingkat keasaman (Ph) tinggi, jamur akan lebih cepat tumbuh.

“Selain itu kalau biasanya mencuci mobil ketika matahari terik, air sabun yang disiram ke kaca keburu kering itu juga memicu timbulnya bercak jamur kalau tidak dibilas bersih,” papar Agus seperti dikutip dari laman Liputan6, Jumat (13/5/2016).

Untuk mengatasinya, Agus memberi tips supaya bagian kaca yang berjamur dilap dengan obat penghilang jamur yang umumnya dijual seharga Rp30.000-Rp50.000 per botol. Tetapi jika tidak ingin repot, cukup bawa kendaraan ke salon mobil.

Sedangkan untuk tips pencegahannya, pria yang akrab diasapa Pak Haji itu mengatakan kaca mobil harus dilap sampai benar-benar kering setelah dicuci maupun sehabis berkendara pada cuaca hujan.

“Kalau mencuci mobil sendiri, jangan sampai air sabun di kaca mengering. Biasakan juga nycuci di tempat teduh. Kalau air di rumah atau tempat cuci mobil asamnya tinggi, sebaiknya mencuci di daerah lain,” terang Agus.

Selain itu hindari memakai kain penutup mobil ketika cuaca lembab. Tetapi jika tetap ingin menggunakan, pastikan kaca dan kain tersebut dalam keadaan kering.

Sementara menurut Marcelo dari bengkel poles Details Auto Jakarta, ada tips murah meriah untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil, yakni menggunakan pasta gigi. Tetapi perlu dicatat, cara tersebut hanya efektif untuk jamur yang masih tipis.

Dikutip dari laman Metrotvnews, pertama-tama oleskan pasta gigi pada titik yang ditumbuhi jamur. Semprotkan sedikit air kemudian gosok memutar sampai kering menggunakan kain. Lakukan cara itu berulang-ulang sampai kaca mobil kembali bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya