SOLOPOS.COM - Ilustrasi servis motor. (Okezone.com)

Solopos.com, SOLO — Baru saja membeli sepeda motor baru, tentu rasanya senang. Apalagi jika motor itu yang selama ini diinginkan. Kendati masih baru, tetap harus dirawat.

Perawatan kendaraan, apalagi sepeda motor yang masih baru sangat diperlukan, agar tetap awet dan performa mesin tetap oke.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Merawat sepeda motor baru bisa Anda lakukan terhadap sepeda motor apapun jenisnya, entah itu motor bebek, matik, maupun motor sport.

Berikut tips perawatan sepeda motor baru dikutip Solopos.com dari Astramotor.

Panaskan Mesin Sebelum Digunakan

Panaskan mesin sepeda motor baru Ana sebelum digunakan, jangan sampai lebih dari 5 menit hanya akan membuang bahan bakar Anda. Hal sederhana ini membantu motor Anda menjadi awet.

Baca juga: Barang-barang Ini Jangan Sampai Tertinggal di Dalam Mobil Ya Kak

Gunakan Bahan Bakar Yang Sesuai

Untuk motor-motor terbaru sudah didesain dengan teknologi sistem injeksi dan teknologi hemat bahan bakar. Untuk membuat sistem ini bekerja dengan baik gunakan bahan bakar beroktan di atas 90.

Jangan Bawa Barang Berlebihan

Beban maksimal sepeda motor adalah antara 120 – 130 kg, jika membawa barang yang membuat beban motor lebih dari itu akan membuat mesin bekerja keras.

Selain membebani kinerja mesin juga memberatkan kerja ban dan membebani shock breaker sepeda motor Anda.

Manfaatkan Servis Gratis

Membeli sepeda motor baru, biasanya akan memperoleh empat empat kali layanan servis gratis. Untuk servis gratis ini tanggal servis sudah ditentukan.

Baca juga: Lagi Viral! Berapa Denda Tilang Tidak Pakai Helm Untuk Pemotor

Sebaiknya selama periode servis gratis ini gunakan sebaik mungkin. Jangan sampai terlewat. Anda juga harus jeli, jika ada yang tidak beres segera laporkan saat servis.

Sering Bersihkan Motor

Membersihan motor dapat dilakukan dengan cara mencuci ataupun mengelap. Pembersihan motor dapat membersihkan kotoran yang mungkin menempel pada mesin atau pada kanvas rem.

Hindari Paparan Sinar Matahari

Papaan sinar matahari secara langsung dan sering menyebabkan retakan pada kaca spedometer dan juga membuat warna body motor menjadi kusam dan memudar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya