Tips Merawat Kendaraan, Kapan Motor Harus Ganti Oli

Salah satu elemen sepeda motor yang harus diperhatikan adalah oli motor. Untuk itu kapan motor harus ganti oli, harus tahu.
SHARE
Tips Merawat Kendaraan, Kapan Motor Harus Ganti Oli
SOLOPOS.COM - Kapan motor harus ganti oli. (Carmudi.co.id)

Solopos.com, SOLO — Perawatan sepeda motor diperlukan agar kinerjanya tetap optimal dan tidak bermasalah. Salah satu elemen yang harus diperhatikan adalah oli motor. Untuk itu kapan motor harus ganti oli, harus tahu.

Mengapa oli sepeda motor harus diganti, ternyata mengganti oli itu penting mengingat fungsinya sebagai pelumas mampu mengurangi gesekan komponen mesin motor.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Dikutip Solopos.com dari Moladin, Carmudi dan Hondacengkareng, selain sebagai pelumas, oli juga menjadi pendingin dari panas yang timbul dari gesekan komponen dalam mesin.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Termasuk juga meredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston dan poros engkol sehingga suara mesin terdengan halus.

Bahkan oli motor juga bisa menjadi pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin. Termasuk anti karat karena melapisi bagian logam agar tidak kontak dengan udara atau air.

Baca juga: Lagi Viral! Berapa Denda Tilang Tidak Pakai Helm Untuk Pemotor

Mengetahui pentingnya fungsi oli pada sepeda motor, tentu pemilik kendaraan ingin tahu kapan motor harus ganti oli? Agar performa mesin tetap oke.

Untuk diketahui, jika Anda ingin mengganti oli motor sebaiknya menggunakan oli dengan kualitas yang bagus. Karena ini akan berpengaruh pada kinerja mesin.

Sebaiknya jangan menggunakan sembarang jenis oli, konsultasikan dengan bengkel Anda jenis oli yang cocok dengan tipe sepeda motor.

Harus diingat juga Anda sebaiknya tidak berganti-ganti merk dan jenis oli motor agar tidak merusak mesin motor anda.

Baca juga: Ditawarkan di Media Sosial, Apakah Beli Motor STNK Only Aman?

Lantas kapan motor harus ganti oli. Sehingga mesin tetap prima. Pada umumnya ganti oli motor mengacu pada daya tempuh, yakni sekitar 4.000 kilometer. Tetapi untuk motor baru, pergantian oli lebih cepat waktunya.

Hanya saja untuk menjaga performa mesin motor Anda tetap stabil, disarankan mengganti oli motor secara rutin setiap dua bulan sekali atau saat daya tempuh 2.000 kilometer.

Namun jika Anda menggunakan kendqaraan untuk kegiatan harian dengan jarak tempuh cukup jauh, apabila tarikan mesin terasa tidak maksimal, ganti oli bisa kurang dari dua bulan.

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago