SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak membawa alat tulis. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Meski saat ini anak sekolah memasuki musim liburan, tapi jangan lupakan tetap mempraktikkan tips menyimpan alat tulis sekolah. Hal ini bertujuan supaya perlengkapan sekolah kalian tetap terawat dan bisa digunakan saat masuk sekolah kembali.

Tips belajar kali ini bakal membahas bagaimana caranya supaya perlengkapan sekolah kalian tetap terawat sekali pun kalian sedang menikmati masa liburan sekolah. Untuk menghemat pengeluaran sebaiknya kalian tidak perlu membeli perlengkapan baru, cukup pakai yang lama.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Nah untuk membantu kalian dalam menyimpan alat tulis sekolah selama liburan semester, berikut ini tips yang pasti bermanfaat bagi kalian seperti dikutip dari parenting.co.id, Kamis (22/12/2022):

1. Buat Inventarisasi

Tips yang pertama adalah dengan membuat inventarisasi pada alat tulis sekolah yang dimiliki. Hal yang dimaksudkan adalah dengan memilih alat tulis yang masih bagus dan bisa dipakai lagi.

Baca Juga: Begini Cara Menyikapi Nilai Jelek di Rapor Anak

Pilih juga mana yang harus dibuang dan peralatan sekolah apa saja yang perlu diganti atau beli yang baru. Ingatkan juga kepada diri sendiri untuk tidak tergoda membeli alat tulis baru hanya karena warna atau bentuknya yang lucu.

2. Sediakan Tempat Penyimpanan yang Baik

Tips menyimpan alat tulis sekolah berikutnya adalah sediakan tempat penyimpanan yang baik. Sebagai anak sekolah pasti memiliki banyak peralatan tulis sekolah atau pernak-pernik kecil, seperti gunting, penggaris, bolpoin, pensil, penghapus, stabile, dan sebagainya.

Baca Juga: Tips Mengajari Keselamatan Diri bagi Anak Sekolah

Dengan peralatan tulis yang banyak ini perlu disediakan tempat penyimpanan yang baik selama kalian menjalani libur semester. Hal ini tentu berguna agar barang masih bagus, terawatt, dan tidak cepat hilang. Kalian juga perlu memeriksa dan membersihkan tempat penyimpanan tersebut secara berkala meski tidak digunakan selama liburan.

3. Cobalah Untuk Kreatif

Tips selanjutnya menyimpan alat sekolah adalah mencoba untuk berpikir kreatif dalam menyimpan alat tulis sekolah. Misalnya saja kalian memiliki krayon masih bagus tapi patah, kalian bisa menggunakan kertas yang digulung dan diselotip sebagai pegangan krayon. Bahkan kalian juga bisa membuat tempat penyimpanan alat tulis sendiri, seperti dari kardus, kaleng bekas, botol bekas, dan sejenisnya.

Baca Juga: Satu dari Tiga Remaja Indonesia Punya Masalah Mental

4. Beri Label

Terakhir, berilah label pada peralatan tulis sekolah kalian. Hal ini berguna agar barang mudah ditemukan jika sewaktu-waktu hilang. Bahkan kalian juga bisa memberi label pada tempat penyimpanan alat tulis kalian. Misalnya saja kalian bisa dikelompokkan barang-barang, seperti pensil, penghapus, pensil warna, buku-buku, penggaris, dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya