SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi laki-laki. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA -- Bayi yang gemuk karena berat badan berlebih biasanya malah dianggap lucu dan menggemaskan oleh sebagian orang.

Bahkan bayi dengan berat badan cenderung gemuk didambakan hampir semua orang tua. Padahal, kondisi bayi gemuk tak selamanya sehat sehingga orang tua harus memperhatikan berat badan bayi mereka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti dikutip dari Health.harvard.edu, Selasa (28/7/2020), ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan orang tua untuk menjaga berat badan bayi mereka tetap sehat dengan berat badan yang ideal:

1. Menyusui

Beberapa ibu mungkin tidak bisa melakukan ini sama sekali, dan banyak yang tidak bisa melakukannya untuk waktu yang lama. Tetapi jika memungkinkan, menyusui adalah cara terbaik untuk menjaga berat badan bayi Anda.

Bermain Bagi Orang Dewasa Bawa Segudang Manfaat

Alasannya, bayi punya batas tertentu untuk menyusui. Umumnya, mereka hanya menyusu selama 10 sampai 15 menit, kemudian kebanyakan hanya mengisap untuk kenyamanan dan tidak mengisap ASI.

2. Jangan biarkan bayi makan berlebihan

Wajar jika bayi ingin menghabiskan botol atau semangkuk makanan. Tetapi jika seorang bayi berhenti makan dan memberi isyarat bahwa dia tidak ingin lagi, penting untuk menghargai itu.

Jika dokter Anda mengatakan bahwa bayi Anda kekurangan berat badan dan perlu makan lebih banyak, itu cerita yang berbeda dan Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang apa yang harus dilakukan.

3. Jangan bujuk anak dengan makanan atau minuman

Bayi menangis karena berbagai alasan. Kadang-kadang kelaparan, tetapi kadang-kadang mereka menangis ketika mereka lelah, takut, kewalahan, bosan, tidak nyaman, atau hanya ingin ditahan.

Begini Cara Tepat Turunkan Berat Badan dengan Santan

Jika sudah kenyang, orang tua harus mencoba beberapa hal lain sebelum mereka memberi makan bayi. Cobalah mengganti popok, memegang, dan menenangkan - atau berbicara dan bermain.

Jika bayi selalu diberi makan, setelah beberapa saat mereka mungkin mulai menganggap pemberian makan sebagai apa yang mereka butuhkan ketika mereka bosan, lelah, atau kesal.

4. Mulai makan keluarga lebih awal

Segera setelah bayi Anda bisa duduk di kursi tinggi, bawa dia ke meja untuk makan bersama Anda. Anak-anak yang makan dengan orang tua mereka cenderung kurang berat badan - dan makan malam keluarga membantu membangun hubungan yang kuat dan membantu anak-anak berhasil di sekolah

5. Berikan makanan padat sehat

Setelah bayi Anda siap, berikan buah dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, dan daging tanpa lemak. Bayi akan mencoba apa saja.

Gunakan waktu ini sebelum mereka menjadi pemilih untuk membangun selera mereka untuk makanan yang Anda ingin mereka makan selamanya. Sementara sereal bayi yang diperkaya zat besi bisa sehat, jangan berlebihan.

6. Biarkan bayi banyak bergerak

Olahraga dapat dan harus dimulai sejak dini. Bawa bayi Anda ke lantai, lakukan tummy time, dorong gerakan. Turun di lantai dengan mereka.

Pengin Kurus? Coba 5 Makanan Pengganti Nasi Ini

Buat tempat yang aman bagi mereka untuk menjelajah dan belajar berjalan dan berlari. Bawa mereka jalan-jalan - dan begitu mereka bisa berjalan, pastikan mereka juga berjalan.

Jika Anda menjadikan permainan aktif dan olahraga keluarga sebagai bagian normal setiap hari, itu tidak hanya membantu bayi mendapatkan dan tetap pada berat badan yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya