SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging kambing (www.articlesofhealthcare.com)

Menghilangkan bau prengus bisa menggunakan trik tertentu.

Solopos.com, SOLO – Hari Raya Iduladha identik dengan daging kambing dan sapi. Ketimbang sapi, daging kambing membutuhkan perhatian khusus saat mengolahnya. Bau prengus serta daging yang alot menjadi keluhan yang kerap terlontar saat memasak kambing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Solopos.com dari berbagai sumber, Senin (12/9/2016), ada beberapa cara jitu yang dapat Anda praktikkan saat mengolah daging kambing menjadi lebih empuk dan tak berbau.

Ekspedisi Mudik 2024

Rendam dengan Air Nanas
Jangan mencuci daging kambing dengan air. Daging kambing yang dicuci justru membuatnya semakin berbau prengus. Sebaiknya, setelah menerima daging kambing, rendamlah dengan parutan air nanas muda selama 4-5 menit. Cara ini akan membuat daging lebih empuk dan mengurangi bau.

Buah Pir
Selain nanas, Anda juga bisa memanfaatkan buah pir untuk melunakkan daging. Cara ini lebih lazim digunakan di negara Barat. Caranya hampir sama dengan nanas. Parut buah pir, dan lumuri ke daging kambing dan diamkan beberapa saat.

Perbanyak Rempah-Rempah
Memasak daging kambing hendaknya memperbanyak rempah-rempah. Anda bisa menambahkan bawang putih, ketumbar, asam gula, serah, kapulaga, jahe, kunyit, sereh dan cengkeh. Banyaknya rempah-rempah dan cara memasak yang benar akan membuat daging kambing empuk dan lezat.

Cara Penyimpanan
Jika Anda ingin memasak daging kambing esok atau lusa, lakukan teknik penyimpanan dengan benar. Rendamlah daging dengan air es, lalu simpan di kulkas. Sering-seringlah mengganti air rendaman agar daging kambing bertahan lebih lama.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya