SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengerjakan PR. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO–Bagi pelajar mendapatkan pekerjaan rumah atau PR kadang merasa terbebani, karena itu ketahui cara mengerjakan tugas sekolah ini agar tidak terasa sebagai beban. Simak ulasannya di tips belajar efektif berikut ini.

Dikutip dari akun Instagram @karyabangsaprimaryschool_stg, pada Rabu (14/9/2022), padahal ada banyak manfaat yang dapat dipetik ketika anak sekolah mengerjakan tugas berupa pekerjaan rumah. Manfaatnya antara lain kita dapat memahami sebuah kewajiban, kita dapat mengatur waktu, belajar memprioritaskan pendidikan, melatih kesabaran, mendapat kebanggan, dan mendapat rasa percaya diri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut ini ada beberapa tips supaya kalian dapat mengerjakan PR tanpa merasa terbebani seperti dikutip dari pahamify.com, pada Rabu (14/9/2022) :

1. Mendorong Diri Sendiri

Langkah yang pertama adalah mendorong diri sendiri agar tidak bermalas-malasan dalam mengerjakan PR dan segera menyelesaikan apa pun kondisinya. Karena semua berasal dari diri sendiri, maka doronglah dirimu sendiri agar tidak malas mengerjakan PR, karena ini merupakan kewajiban dan tanggung jawab sebagai anak sekolah.

Baca Juga: Korban Kekerasan Anak di Boyolali Meningkat, Beberapa di Lingkungan Sekolah

2. Membuat Daftar Tugas

Langkah selanjutnya adalah membuat daftar tugas, hal ini akan memudahkan kalian dalam mengerjakan sehingga tidak merasa terbebani. Buatlah daftar tugas agar kalian tahu seberapa banyak tugas yang diberikan serta berikan detail pada tugas tersebut, seperti menulis mata pelajaran apa saja, judul, waktu pengumpulan.

Untuk memudahkan kalian membuat daftar tugas, buatlah kolom kecil disamping setiap mata pelajaran dan beri tanda centang jika sudah selesai mengerjakan.

Baca Juga: Wacana SMA Negeri di Pasar Kliwon, Disdik Jateng Kesulitan Cari Lahan

3. Tentukan Prioritas Harian

Dalam keseharian anak sekolah pastinya punya beberapa aktivitas yang harus dilakukan. Sebaiknya prioritaskan aktivitas yang harus dilakukan terlebih dahulu dan anggaplah menyelesaikan PR menjadi salah satu prioritas kalian yang penting. Jika kalian telah memprioritaskan PR, maka kalian dapat mengisi waktu setelahnya dengan bermain bersama teman, melakukan hobi kalian, atau melakukan aktivitas lainnya.

4. Jauhkan Gangguan Belajar

Tips berikutnya mengerjakan PR tanpa terbebani adalah jauhkan gangguan belajar. Kalian harus tahu hal-hal apa saja yang bisa menggangu wkatu belajar kalian. Gangguan belajar bisa dari sekitar atau dari diri sendiri, seperti cemas menghadapi ujian, masalah dengan orang terdekat, notifikasi media sosial, orang mengobrol terlalu keras, suara televisi yang terlalu keras, atau hal-hal lainnya. Solusi jika lingkungan sekitar yang terlalu berisik, kalian bisa pergi ke perpustakaan sekolah atau perpustakaan daerah untuk mengerjakan PR.

Baca Juga: Keberdayaan SMA Swasta

Solusi lain jika notifikasi media sosial mengganggu, maka matikan ponsel kalian untuk sementara agar mudah untuk berkonsentrasi. Jika masalah dari diri sendiri, maka lakukan hal yang menyenangkan terlebih dahulu agar pikiran lebih fresh dan siap untuk mengerjakan PR.

5. Gunakan Teknik Pomodoro

Teknik ini adalah teknik untuk meningkatkan konsentrasi belajar yang berasal dari Italia. Cara menggunalan teknik Podomoro adalah selama 25 menit, kalian harus fokus pada tugas kalian dan jangan teralihkan ke hal lain. Selanjutnya gunakan waktu 5 menit untuk beristirahat sebentar entah itu untuk minum, makan snack, atau meregangkan badan. Lalu setelah itu fokus lagi pada tugas selama 25 menit dan berulang lagi sampai tugas kalian selesai.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya