SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Mengemudi di malam hari sangat berbeda dibanding ketika siang hari sebab faktor pencahayaan yang minim. Anda tentunya harus mengemudi ekstra hati-hati, terutama menghadapi pengendara motor yang menyalip dari kanan dan kiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gelapnya malam juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Apalagi jika ditambah kondisi yang sedang hujan, risiko kecelakaan pun semakin tinggi lagi. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan saat mengemudi di malam hari, Anda dapat mengikuti tips-tips berikut ini :

1. Hindari Kaca Film Terlalu Gelap

Penggunaan kaca film memang membantu pada siang hari untuk mengurangi sinar matahari yang masuk. Namun, pada malam hari, kaca film yang terlalu gelap justru membuat pandangan pengemudi lebih terbatas.

Sebaiknya kaca film tidak lebih dari 40% gelapnya untuk kaca samping dan belakang, sementara untuk kaca depan tidak lebih dari 20%. Bersihkan Kaca Agar pandangan tidak terbatas pada malam hari, pastikan kaca depan mobil Anda selalu dalam keadaan bersih.

Karena itu, pastikan air pembersih kaca depan selalu terisi sehingga Anda dapat membersihkan kaca depan kapan pun. Agar lebih maksimal, gunakan cairan pembersih khusus untuk kaca mobil.

2. Lampu Depan yang Terang

Agar keadaan di jalan semakin jelas terlihat, kualitas penerangan lampu mobil Anda juga harus baik. Karena itu, gantilah lampu mobil Anda dengan lampu high intensity discharge yang lebih terang. Jenis lampu tersebut dilengkapi dengan penerangan yang lebih baik, terutama ketika cuaca sedang tidak bagus.

3. Arahkan Lampu

Selain mengganti lampu mobil dengan yang lebih terang, arahkan juga sorotan lampu depan mobil Anda ke jalanan, bukan ke arah atas. Selain tidak memberikan penerangan ke jalanan, arah sorotan lampu yang ke atas juga bisa menyilaukan pengemudi lain yang datang dari arah berlawanan.

4. Bersihkan Kaca Lampu

Terakhir, agar cahaya lampu menyorot sempurna, kaca lampu juga harus dalam keadaan baik. Selalu bersihkan kaca lampu jika kotor agar tidak cepat buram. Jika memang sudah terlalu buram, ganti kaca lampu tersebut.

Hal ini berlaku juga untuk kaca lampu belakang agar pengemudi di belakang dapat melihat dengan jelas lampu belakang Anda, terutama lampu remnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya