SOLOPOS.COM - Ilustrasi buah belimbing (Naturespride.eu)

Tips mendidik anak suka sayur tergantung keuletan orang tua.

Bisnis.com, JOGJA- Sayur dan buah mengandung berbagai vitamin yang mampu membantu tumbuh kembang anak. Diperlukan tips tertentu agar anak suka makan sayur dan buah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut salah seorang Guru di Olifant Anthi Praptiwi, umumnya, anak lebih menyukai makanan yang manis ataupun gurih. Padahal, makanan tersebut terkadang memiliki kandungan yang tidak baik bagi kesehatan anak. namun, ada beberapa upaya agar anak bisa terhindar dari makanan yang tidak sehat dan lebih memilih buah-buahan dan sayuran.

Berikan Contoh
Upaya pertama yang bisa dilakukan orangtua adalah dengan memberikan contoh kepada anak-anak. Orangtua, kata Pratiwi, bisa menerapkan kebiasaan mengonsumsi sayuran kepada buah hatinya.

“Sempatkan waktu untuk makan sayuran bersama anak. Ciptakan aktivitas makan sayur yang menyenangkan agar anak tertarik ikut makan sayur dan buah. Orangtua juga bisa menjadikan buah sebagai camilan atau memesan salad sayur dan buah saat makan di restoran,” kata dia melalui rilisnya, Rabu (11/11/2015).

Selalu Sediakan Buah dan Sayuran
Langkah kedua yang bisa dilakukan, orangtua hendaknya selalu menyediakan buah iris atau potongan sayur rebus di kulkas. Ini dilakukan untuk memberi kemudahan saat akan dibawa sebagai snack atau bepergian. Dalam mengolah sayuran, orangtua juga harus kreatif memasak sayuran untuk anaknya.

“Usahakan mengganti menu sayuran setiap hari agar anak tidak bosan. Sajikan sayur dan buah di setiap waktu makan. Tambahkan irisan atau parutan sayur di setiap menu baik di dalam sup, isi nugget, topping roti, dan taburkan irisan buah ke sereal anak,” usulnya.

Pilah Pilih Rasa Buah
Ketiga, sambung Pratiwi, orangtua juga perlu memilih buah yang masak, karena rasa manis lebih disukai anak. “Jadikan sayuran dan buah makanan yang menyenangkan. Misalnya, jadikan sayuran untuk menghias roti atau telur dadar menyerupai wajah lucu. Sesekali, mintalah anak memilih buah atau sayuran yang akan dihidangkan hari ini di rumah dan bagaimana cara menghidangkannya,” kata dia.

Variasi Buah
Keempat, tidak ada salahnya jika orangtua juga memberikan buah-buahan yang langka atau tidak biasa kepada anak. Tujuannya, agar wawasan anak tentang buah bertambah. Kalau dibutuhkan, orangtua bisa mengajak anak berbelanja dan memilih sendiri sayur atau buah yang ia suka. Hal ini bisa membantunya mengenal lebih dekat sayur dan buah sehingga menyukainya.

“Biarkan anak mencoba aneka tekstur buah, karena selera anak berbeda-beda. Ada yang suka bertekstur lembek, ada yang senang buah renyah. Buat kompetisi makan sayur dan buah di rumah dan beri hadiah bagi pemenang,” usul Pratiwi.

Yang perlu dihindari orangtua, sambung dia, jangan memaksa buah hati untuk makan sayur dan buah yang tidak disukai. Hindari pula menghukum anak yang tidak mau makan sayur serta buah.

“Hukuman justru bisa membuatnya semakin membenci sayur dan buah. Berikan sayur dan buah secara bertahap dengan sabar sampai si kecil menyukai sayur dan buah,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya