SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO--Salah satu kesibukan menjelang Lebaran, salah satunya menata ruangan. Ini bisa kita lakukan jauh-jauh hari. Tujuannya agar bisa merancang tata letak mebel dan elemen dekorasi di ruangan tersebut.

Selain itu apabila ada mebel yang hendak diganti, bisa memilih model sekaligus menyesuaikan anggaran. Anda bisa memiliki waktu lebih dalam memilih dan menentukan tata ruang yang diinginkan sehingga tata ruang tampil beda dibanding hari biasanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ruangan yang sering jadi jujugan pas Lebaran adalah ruang tamu dan ruang makan. Agar Anda punya gambaran untuk penataan kedua ruangan itu, berikut tips dari Store Manager Informa Solo Paragon Life Style Mall, Muh. Zaki Hanung.

 

Perhatikan Jumlah Tamu

Mengetahui jumlah tamu yang datang memudahkan Anda untuk memaksimalkan ruang tamu sehingga bisa memilih mebel yang digunakan dan mana yang disingkirkan untuk sementara waktu. Tujuannya agar ruangan cukup untuk menampung semua tamu.

 

Perhatikan Pencahayaan Ruangan

Tamu bisa datang pagi hari, siang hari, atau malam hari. Agar ruang tamu tetap terang, perhatikan pencahayaannya. Pastikan lampu-lampu di ruangan tersebut berfungsi dengan baik. Selain lampu utama atau lampu gantung, Anda bisa memanfaatkan lampu hias untuk sudut ruangan.

 

Tambahkan Hiasan

Anda bisa menambahkan beberapa hiasan di ruang tamu, seperti lukisan, tanaman, atau foto keluarga. Anda bisa mencari di sejumlah toko penyedia hiasan, salah satunya di Informa Solo Paragon Life Style Mall. Hindari memajang hiasan dalam jumlah banyak, karena mengurangi nilai estetika.

 

Perbarui Cat Dinding Ruangan

Jangan ragu untuk melakukan pengecatan ulang, bisa dengan warna yang sama seperti warna sebelumnya atau dengan warna berbeda, sehingga ruangan terlihat baru. Bisa juga dikombinasi dengan wallpaper agar para tamu semakin betah di ruang tamu.

 

Mengganti Sofa

Ketika Anda kemudian memutuskan untuk mengganti sofa lama, sebaiknya sesuaikan dengan tipe rumah Anda. Menurut Hanung, Informa memiliki sejumlah koleksi sofa. Salah satunya Ashley brand dari Amerika yang pas untuk ruang tamu klasik.

Untuk mempertahankan tampilannya, Anda dan keluarga harus menjaga kebersihan ruang tamu. Hindari melakukan aktivitas sehari-hari di ruang tamu, terutama makan atau mengudap camilan. Jangan lupa beri pengharum ruangan.

 

Ruang Makan

Ruang makan menjadi ruangan kedua yang sering digunakan. Agar tampilan ruangan berbeda di saat Lebaran, meja makan sebagai elemen inti di ruangan tersebut bisa Anda ganti. Menurut Hanung di Informa ada pilihan satu set meja makan, Mounth Ext Dining Table bergaya Eropa.



 

Ukuran normalnya panjang 200 cm, lebar 120 cm, dan tinggi 76 cm. Ada juga yang panjangnya 290 cm, pas untuk makan bersama keluarga besar Anda.

Ada juga Elise set meja makan berukuran panjang 180 cm, lebar 100, tinggi 74 cm. Kemudian ukuran panjang 140 cm. lebar 100 cm, dan tinggi 74 cm, pas untuk ruang makan di rumah minimalis.

Anda bisa menghias meja dengan menambah vas bunga segar dan set peralatan makan yang serasi. Pastikan meja dengan jumlah kursi yang pas agar pas makan leluasa tanpa bersenggolan. Letakkan alas piring yang senada, tata dengan posisi yang teratur dan benar sehingga memudahkan saat makan. Pastikan pencahayaan yang terang dan merata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya