SOLOPOS.COM - Ilustrasi belajar kelompok. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO–Sebagai pelajar sekolah sebaiknya ketahui tips membuat tugas kelompok lebih efektif. Simak ulasannya di tips belajar kali ini.

Tugas secara individu menuntut kita bisa bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan nilai yang didapatkan pun menjadi milik kita sendiri. Sedangkan jika tugas kelompok merupakan tanggung jawab bersama dan di sinilah kekompakan kelompok dinilai serta nilai akan dibagi rata kepada seluruh anggota.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tugas kelompok tergolong lebih sulit dibanding tugas individu karena mungkin adanya perbedaan pendapat dengan sesama anggota.  Akan tetapi dengan tugas kelompok ini memiliki manfaat yang berguna untuk ke depannya, seperti dapat melatih jiwa kepemimpinan jika kalian bertugas sebagai ketua kelompok, memudahkan pekerjaan karena tugas ini dikerjakan secara bersama, dan juga dapat melatih kemampuan berkomunikasi setiap anggota untuk menyampaikan pendapat.

Baca Juga: Tips Mengerjakan PR tanpa Terbebani

Dikutip dari zenius.net, Sabtu (1/10/2022), simaklah tips berikut ini agar kalian dapat membuat tugas kelompok lebih efektif:

1. Memberi Deadline

Tips yang pertama adalah memberi deadline atau tenggat waktu. Hal ini sangat penting karena akan membuat kelompok kalian tidak akan menunda-nunda pengerjaan tugas. Jika kalian sudah tahu tentang deadline yang diberikan oleh guru, sebaiknya bkelompok kalian memberi deadline sendiri untuk pengumpulan tugas masing-masing anggota.

Baca Juga: Tips Efektif Mencatat Pelajaran bagi Anak Sekolah

Dan tentunya deadline kelompok harus dibuat sebelum deadline yang diberikan oleh guru kalian untuk mengoreksi kembali tugas jika ada yang salah. Deadline pengumpulan tugas masing-masing anggota juga harus sama supaya adil untuk seluruh anggota.

2. Pembagian Tugas

Tips yang kedua adalah membagi tugas ke masinh-masing anggota, karena ini adalah tugas kelompok jadi setiap anggota memiliki kewajiban mengerjakan tugas. Tugas yang dibagi juga harus sama rata, jika ada anggota yang tidak tahu harus saling membantu. Pembagian tugas ini juga akan membuat masing-masing anggota memiliki tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Tentunya tugas yang telah dibagi akan disatukan kembali lalu dikumpulkan kepada guru.

3. Eratkan Hubungan dengan Teman

Tips yang ketiga agar membuat tugas kelompok lebih efektif adalah mengeratkan hubungan dengan seluruh teman kelompok untuk mempermudah mengerjakan tugas kelompok. Jika kalian bisa akrab apalagi satu pemikiran, mengerjakan tugas kelompok akan terasa lebih menyenangkan.

Baca Juga: Cara Cepat Menguasai Materi Presentasi bagi Siswa

Jika kalian belum kenal dekat dengan sesama anggota kelompok, kalian bisa mencoba untuk sekedar makan bersama atau main bersama sebelum mengerjakan tugas. Tentunya dengan mengeratkan hubungan sesama anggota kelompok akan lebih mudah dalam mengatur pembagian tugas, pengerjaan tugas dapat selesai dengan mudah, bahkan bisa melatih kalian berkomunikasi dengan sesama anggota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya