Tips Membeli HP Realme, Mulai dari Tahun Rilis sampai Fitur Unggulan

Usahakan untuk membeli HP Realme dengan RAM minimal 3GB. Sementara untuk memori internalnya sendiri disarankan 4GB.
Tips Membeli HP Realme, Mulai dari Tahun Rilis sampai Fitur Unggulan
SOLOPOS.COM - Ilustrasi HP Realme.(Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Berbagai merek smartphone ada di Indonesia. Mulai dari produk-produk dalam negeri, sampai yang impor dari negara lain. Contoh ponsel cerdas buatan luar negeri yang laris manis di Indonesia adalah merk Realme.

Ini merupakan sebuah produsen smartphone yang berasal dari Tiongkok yang telah didirikan sejak 4 Mei 2018, meski baru namun sudah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia.

Beragam keunggulan ditawarkan oleh HP Realme. Mulai dari tingkat kecerahan tinggi, harga yang masih terjangkau, memiliki fitur NFC, dan masih banyak lagi lainnya. Bagi Anda yang ingin membeli berbagai ponsel buatan Realme, harus tahu tipsnya supaya mendapatkan barang yang tepat.

Perhatikan Tahun Rilis

Biasanya, ponsel keluaran terbaru akan memiliki berbagai fitur termutakhir dengan sistem Android paling anyar. Setidaknya masih relevan digunakan selama beberapa tahun ke depan. Maka dari itulah, saat akan membeli ponsel Realme lakukan pengecekan, kapan ponsel tersebut rilis di pasaran.

Baca Juga: Jangan Lupa Download! Aplikasi PeduliLindungi Jadi Skrinning 6 Kegiatan di Masa Pandemi

Sebuah penelitian yang dipaparkan oleh Consumer Technology Association (CTA) menyebutkan, rata-rata usia smartphone adalah 4,7 tahun. Jadi, jika umurnya lebih dari itu bisa jadi sistem kerja sudah tidak optimal lagi. Terjadi penurunan performa.

Selain itu, berbagai fitur di dalamnya seringkali sudah tidak relevan dengan saat ini. Sudah ketinggalan zaman, sudah kalah dengan keluaran terbaru.

Maka dari itulah, Anda lebih disarankan untuk membeli keluaran paling baru. Sebenarnya tidak masalah jika membeli keluaran lama, namun pastikan berbagai fiturnya masih relevan digunakan sekarang. Plus juga sistem Androidnya apakah masih bisa digunakan untuk beberapa tahun ke depan.

Besar RAM dan Memori Internal

Mendukung berbagai aktivitas untuk multitasking, Anda perlu mencari ponsel dengan RAM dan memori internal yang besar. RAM yang besar akan membuat pekerjaan lebih cepat karena sistem pengoperasiannya makin ngebut.

Dikombinasikan dengan memori internal yang tidak kalah jumbo, bisa menginstal berbagai aplikasi dan menyimpan banyak file berharga.

Baca Juga: Spesifikasi Poco X3 GT, Ponsel “Go Turbo” dengan RAM & Memori Gede

Untuk mendukung berbagai kegiatan sehari-hari makin lancar, usahakan untuk membeli HP Realme dengan RAM minimal 3GB. Sementara untuk memori internalnya sendiri disarankan 4GB. Jika memiliki kebutuhan yang semakin banyak, pilih smartphone dengan memori internal makin besar.

Dilengkapi Fitur Unggulan

Tips lainnya coba gali lebih dalam, apakah fitur yang Anda butuhkan. Karena memang ponsel besutan Realme diproduksi dengan berbagai keunggulan. Misalnya saja fitur NFC yang memudahkan jika kerap berada di wilayah susah sinyal dan jaringan telepon.

NFC ini banyak sekali manfaatnya lho, bisa jadi ‘pengganti’ dompet digital saat susah sinyal, pembuka pintu otomatis, saat naik KRL dan lain sebagainya.

Bisa juga fitur tahan air, anti debu, dan lain-lain. Bagi yang senang bermain game, berbagai fitur gaming yang ditawarkan oleh Realme juga bisa dipertimbangkan. Ada banyak lho fitur-fitur gaming, contohnya Game Space. Plus, ditenagai oleh prosesor gaming kelas menengah sampai atas.

Perhatikan Spesifikasi Kamera

Kamera sekarang ini tidak hanya sekadar untuk selfie semata. Semakin hidupnya berbagai kegiatan daring, baik itu untuk proses pembelajaran atau pekerjaan, memerlukan kamera yang bagus sebagai penunjangnya. Supaya hasilnya tetap bisa bagus, jelas, dan berkualitas sehingga berbagai aktivitas pun semakin lancar.

Baca Juga: Spesifikasi Realme Book, Laptop Ringan dengan RAM Jumbo

Pun juga berbagai pekerjaan milenial dan generasi Z sekarang ini banyak berhubungan dengan kamera. Jadi, memilih kamera yang berkualitas bagus, dengan resolusi tinggi menjadi hal yang utama.

Untuk menunjang berbagai kegiatan sehari-hari, kamera dengan resolusi 8 MP pun sekarang sudah cukup. Bagi yang berkutat dengan dunia content creator, memilih smartphone dengan resolusi kamera lebih tinggi akan lebih baik. Biasanya, kamera yang lebih tinggi ini juga dibarengi dengan berbagai fitur yang memudahkan. Ada grid, aspect ratio, HDR, shutter, geo tagging, pengenalan wajah, dan lain sebagainya.

Seleksi juga Daya Tahan Baterai

Dengan kebutuhan internet dan smartphone makin tinggi, maka semakin besar pula daya tahan baterai yang diperlukan. Khususnya bagi yang selama ini banyak melakukan berbagai pekerjaan outdoor.

Maka dari itulah, saat membeli ponsel pertimbangkan juga daya baterai yang ditawarkan. Apakah mencukupi berbagai keperluan yang digunakan atau tidak. Jangan sampai karena mengunggulkan satu fitur saja, baterai disepelekan.

Saat digunakan mendesak bisa saja daya baterai sedang menipis atau bahkan habis. Bisa menggunakan powerbank namun akan membuat bawaan makin berat. Pengeluaran bisa saja bertambah.

Harga Juga Jadi Pertimbangan

Spesifikasi dan fitur memang penting untuk diperhatikan. Namun tidak kalah penting untuk dipertimbangkan harga yang dipatok oleh Realme. Ponsel Realme memang terkenal memiliki harga terjangkau. Sejauh ini yang paling mahal adalah kisaran Rp10 jutaan. Tentu saja sudah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan, jeroan mematikan.

Baca Juga: Pasang Internet dari Indihome, Pengusaha Ini Rasakan Manfaatnya hingga Omset Naik 3 Kali Lipat!

Nah, jika memiliki budget yang pas-pasan, banyak juga ponsel Realme dengan harga Rp1 jutaan. Meski murah namun fiturnya tetap saja menggoda untuk dibeli. Cocok untuk para pemula yang berganti dari featured phone ke smartphone. Pastikan untuk menyesuaikan berbagai spesifikasi yang dicari dengan budget yang dimiliki.

Itulah berbagai tips yang bisa Anda gunakan saat hendak membeli ponsel Realme. Jika Anda tertarik untuk membeli berbagai ponsel Realme, bisa mencari pertimbangan melakukan transaksi di Blibli. Informasinya diberikan secara akurat, mulai dari spesifikasi sampai dengan proses pembayaran dijelaskan transparan. Pilihan tipe dari smartphone Realme pun juga sangat beragam, dari harga yang terjangkau sampai menguras kantong.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago