SOLOPOS.COM - ilustrasi (indochinekitchen.com)

Tips memasak sambal dengan cara diblender namun hasilnya bisa seenak sambal ulek.

Kanalsemarang.com. SEMARANG– Ketika kita tidak memiliki banyak waktu memasak, mengulek bumbu pun bisa menjadi hal yang memakan waktu. Jalan praktis pun jadi pilihan yakni dengan memblender untuk menghaluskan bumbu-bumbu dapur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggapan bumbu yang dihaluskan dengan blender memiliki rasa yang kurang nikmat ketimbang diulek tidak sepenuhnya benar.Ada trik agar bumbu yang diblender, bisa seenak bumbu yang diulek sehingga bisa membuat cita rasa masakan menjadi lezat.

Dikutip dari Okezone.com, Selasa (1/12/2015), chef Widhi Joestiarto memberikan trik agar bumbu yang diblender bisa tetap enak. Caranya dengan tumis dulu bumbu-bumbu mentah seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan lainnya.

Pasalnya dengan ditumis atau digoreng terlebih dahulu akan membuat aroma dari masing-masing bumbu tadi keluar, lebih harum.

Dengan proses pemanasan tersebut, lanjut Widhi, bumbu-bumbu tersebut akan mengeluarkan jus atau air dengan sendirinya seperti terjadi ketika bumbu diulek atau ditumbuk dengan batu sebagai ulekan.

Bila tidak sempat menumis atau menggoreng bumbu utuh chef asal Jawa Timur ini memberikan siasat lainnya yakni dengan menambahkan minyak goreng pada saat bumbu utuh hendak diblender.

Menggorengnya menggunakan minyak goreng bukan air biasa. Karena selain menambah rasa, minyak goreng juga berfungsi sebagai pengawet alami. Sedangkan air tidak membantu mengawetkan makanan.

Minyak goreng selain memudahkan proses penghancuran dengan pisau blender, juga berfungsi sebagai pengawet alami. Gunakan minyak goreng biasa, tidak perlu yang panas, kecuali kalau bumbu digoreng dulu, minyak bekas menggoreng akan lebih bagus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya