[x] close
Tips Liburan Singkat ke Sukabumi
Solopos.com|lifestyle

Tips Liburan Singkat ke Sukabumi

Selain bisa bersantai di curug-curug atau air terjun, Anda juga dapat menikmati bukit-bukit dan juga pantai dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar.

Solopos.com, SUKABUMI -- Bagi warga Jakarta yang ingin berlibur ke destinasi yang tidak terlalu jauh namun bosan ke destinasi yang itu-itu saja? Anda bisa mencoba untuk mengunjungi Sukabumi, lho. Berjarak hanya sekitar 112 km dan membutuhkan waktu 3 jam untuk kesana, Sukabumi menawarkan banyak sekali keindahan alam yang masih alami.

Selain bisa bersantai di curug-curug atau air terjun, Anda juga dapat menikmati bukit-bukit dan juga pantai dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar. Jika Anda ingin menikmati pemandangan indah ke laut setiap harinya, Anda dapat mencoba beberapa penginapan seperti Karang Aji Beach Villa.

Penginapan yang terbuat dari kayu dan sedikit menyerupai rumah pohon ini memiliki beberapa tipe kamar. Kamar mandinya pun memiliki bathtub dengan view bentangan laut yang luas.

Pantai Cimaja (Traveloka.com)
Pantai Cimaja, Sukabumi (Traveloka.com)

Umumnya, wisata pantai yang sangat terkenal di Sukabumi adalah kawasan Pelabuhan Ratu dan pantainya yakni pantai Cimaja. Di pantai ini, Anda dapat menikmati ombak dan juga menonton beberapa peseluncur.

Baca juga: Wisata Sejarah Ke Semarang

Wisata Curug

Tidak hanya pantai, Anda pun bisa menghabiskan waktu menelusuri banyak sekali curug di Sukabumi. Umumnya curug yang paling sering dikunjungi adalah Curug Cikaso di Kampung Ciniti, Curug Cimarinjung di Kampung Cimarinjung, Curug Cigangsa di Desa Pasiripis, dan Curug Awang di Desa Tamanjaya. Jika berkendara dari arah Selatan, Anda bisa mulai dari Curug Cikaso menuju Curug Cigangsa, kemudian ke Curug Awang dan barulah menuju ke Curug Cimarinjung,

Goa Buniayu (Traveloka.com)
Goa Buniayu (Traveloka.com)

Jika menikmati air terjun dan pantai masih belum memuaskan hasrat Anda untuk menikmati seluruh keindahan alam, Anda dapat mengunjungi goa yang ada di Sukabumi. Goa yang bisa Anda kunjungi adalah Goa Buniayu. Goa ini juga dikenal dengan sebutan lain berupa Goa Cipicung. Kabarnya goa ini dinobatkan sebagai goa dengan sistem keamanan terbaik di Asia Tenggara.

Baca juga: Tips Liburan ke Banyuwangi

Selain semua keindahan alamnya, Anda juga dapat berinteraksi desa lokal di Desa Ciptagelar. Kampung adat ini masih menjalani kehidupan yang sangat tradisional. Jika Anda mengunjungi Kampung Ciptagelar di minggu pertama bulan September, Anda dapat menyaksikan warga desa melakukan Upacara Seren Taun. Upacara ini merupakan seserahan hasil bumi ke dalam lumbung yang ditujukan untuk mengungkapkan rasa syukur.

Tentunya, belum lengkap jika mengunjungi Sukabumi sebelum mengunjungi bukit dan pegunungannya. Ada beberapa bukit dan dataran tinggi yang bisa dituju untuk menikmati keindahan alamnya yang luar biasa. Bukit Karangnumpang yang terletak di Legoknyenang cocok untuk didaki segala kalangan usia karena medannya yang tergolong mudah.

Aplikasi Traveloka

Selain itu, ada juga kawasan gunung berapi Kawah Ratu yang bisa memuaskan hati para penggemar trekking. Ada juga 3 jalur yang dapat Anda pilih untuk ke Kawah Ratu yakni via Pasir Rengit, Curug Seribu, dan bumi pekemahan CIdahu.

Banyak sekali bukan hal yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke Sukabumi? Umumnya Sukabumi ideal dikunjungi akhir pekan atau libur panjang. Rata-rata orang Jakarta berlibur ke Sukabumi selama 3 hari 2 malam.

Baca juga: Gunung Gunung Terpopuler Di Pulau Jawa 

Agar rencana liburan ke Sukabumi lebih mudah, gunakan aplikasi Traveloka untuk penuhi semua kebutuhan traveling termasuk dalam hal akomodasi. Tak cuma bisa lebih mudah temukan banyak pilihan hotel dan penginapan di Sukabumi, dengan fitur Traveloka CleanAccommodation kamu juga bisa memilih akomodasi yang telah berkomitmen menjalankan protokol serta standar kesehatan dan kebersihan sesuai anjuran otoritas setempat. Dengan begitu, kamu bisa jadi smart and responsible traveler dengan memilih akomodasi yang aman.

 

 

 


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago