SOLOPOS.COM - Becak tarik ala Jepang yang menjadi spot foto favorit wisatawan saat mengunjungi Taman Srigunting, Kota Semarang, Jawa Tengah. (Instagram—archellastyasaputra)

Solopos.com, JAKARTAJepang akan membuka perbatasannya dengan negara luar mulai 11 Oktober 2022 mendatang. Meski membuka border, namun Jepang masih menerapkan beberapa aturan terkait penularan virus corona bagi turis yang mengunjungi negaranya.

Berikut beberapa tips etiket Covid-19 yang penting untuk diketahui saat mengunjungi Jepang dilansir dari Timeout.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Pakai masker

Meskipun masker tidak lagi umum di negara lain, masker masih sangat umum di Jepang. Tidak mutlak wajib memakai masker wajah di Jepang tetapi dianjurkan di dalam ruangan dan di transportasi umum. Plus, banyak tempat termasuk museum, restoran, dan toko masih meminta pengunjung untuk memakai masker sebelum masuk.

2. Ikuti aturan anti covid lainnya

Selain mengenakan masker wajah, banyak tempat masih akan mengukur suhu Anda dan meminta Anda untuk membersihkan tangan saat berjalan di pintu. Suhu biasanya diambil dengan memindai pergelangan tangan atau dahi Anda.

Ekspedisi Mudik 2024

Jika memungkinkan, Anda juga harus mempraktikkan jarak sosial. Untuk menghindari penyebaran kuman, toilet umum kini telah mematikan pengering tangan otomatisnya. Jadi, ada baiknya untuk membawa handuk kecil di dalam tas Anda dan beberapa pembersih tangan tambahan juga.

3. Reservasi

Sejak pandemi, banyak tempat termasuk restoran dan museum sekarang memerlukan reservasi terlebih dahulu untuk membantu menghindari kepadatan.

Museum, khususnya, sekarang menerapkan sistem masuk berwaktu, jadi Anda harus memutuskan slot waktu masuk saat memesan tiket.

Anda bisa reservasi di situs web resmi objek wisata Anda.

4. Gunakan non tunai

Selama beberapa tahun terakhir, Jepang telah memperkenalkan sejumlah opsi pembayaran tanpa uang tunai yang sangat nyaman selama masa pandemi ini.

Tapi, Anda juga masih harus menyimpan cash, karena banyak toko dan restoran kecil di Jepang hanya menerima uang tunai.

5. Cek kesehatan Anda

Selain itu, jika Anda merasa tidak enak badan, sebaiknya istirahat dan hindari keluar rumah. Pasti layak untuk tinggal jika suhu Anda mencapai 37,5 derajat Celcius (99 derajat Fahrenheit).

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Tips Liburan ke Jepang di Tengah Pandemi Covid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya