Tips Liburan ke Banyuwangi
Solopos.com|lifestyle

Tips Liburan ke Banyuwangi

Bagi Anda yang ingin backpacking ke tempat yang penuh dengan keindahan alam, Anda dapat mengunjungi Banyuwangi.

Solopos.com, SOLO--Pulau Jawa memang penuh dengan destinasi-destinasi seru yang bisa Anda jelajahi. Apalagi bagi para backpackers yang hobinya adalah menelusuri seluruh tempat dengan modal yang tidak terlalu besar. Bagi Anda yang ingin backpacking ke tempat yang penuh dengan keindahan alam, Anda dapat mengunjungi Banyuwangi.

Kota yang memiliki nilai sejarah sejak zaman kerajaan Blambangan ini memiliki pegunungan, pantai, taman nasional, hingga kuliner yang sangat enak. Untuk ke Banyuwangi pun tidak selalu harus menggunakan pesawat. Anda dapat mengunjungi Banyuwangi dengan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan angkutan umum seperti kereta api.

Jika Anda menggunakan kereta api dari Jakarta, terdapat 2 jalur yang bisa Anda lalui. Jalur Utara dengan jalur dari stasiun Gambir menuju Surabaya Pasar TUri atau dari Gambir menuju Surabaya Gubeng. Sementara jalur Selatan bisa melalui stasiun Pasar Senen dengan tujuan Surabaya Pasar Turi atau Surabaya Gubeng. Dari stasiun Gubeng, Anda harus naik kereta berbeda yang mengarah ke Banyuwangi.

Baca Juga: Beroperasi Normal, Ini Layanan Dan Aturan KRL Jogja-Solo Selama Ramadan

Sesampainya di Banyuwangi, Anda bisa menentukan destinasi wisata apa yang akan Anda kunjungi terlebih dahulu. Karena ada banyak sekali pantai yang indah di Banyuwangi, maka banyak juga penginapan atau hotel yang berjarak sangat dekat dengan pantai-pantai tersebut.

Salah satu destinasi pantai yang terkenal karena aktivitas diving-nya adalah Bangsring Underwater. Terletak di Desa Bangsring, pantai ini hanya berjarak kurang lebih 40 menit dari Stasiun Ketapang. Jika Anda lebih senang menikmati ombak besar dan berseluncur, Anda dapat mampir ke pantai Plengkung. Pantai ini sudah sangat dikenal di mata dunia karena ombaknya yang mempunyai tinggi lebih dari 5-6 meter dengan panjang 2-3 km. Kabarnya peseluncur kelas dunia pun sering mengunjungi Pantai Plengkung untuk berlomba surfing.

Wisata Seni dan Budaya

Jika Anda menggemari wisata seni dan kebudayaan, ada Tari Gandrung yang dilaksanakan setiap tahunnya semenjak tahun 2011. Acara ini berlangsung di Taman Gandrung Terakota.

Baca Juga: Ngabuburit Asyik Bisa Diadakan Di Candi Borobudur Dan Prambanan

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Taman Nasional Alas Purwo yang seringkali diyakini sebagai hutan tertua. Di Taman Nasional ini, Anda akan disambut dengan rindang dan banyaknya pohon Mahoni. Di Taman Nasional Alas Purwo terdapat lebih dari 700 jenis flora, 50 jenis mamalia, 320 jenis burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptilia.

Jika semua itu masih belum cukup, Anda dapat mengunjungi salah satu situs wisata terpopuler di Pulau Jawa yakni Kawah Ijen. Berketinggian sekitar 2,400 meter, Kawah Ijen merupakan salah satu dari segelintir tempat di dunia, dimana Anda dapat menyaksikan Blue Fire. Salah satu tempat lainnya yang memiliki Blue Fire adalah Islandia. Nah, Anda tidak perlu jauh-jauh terbang ke Islandia untuk menikmati pemandangan super langka ini, bukan?

Tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi kota Banyuwangi yang penuh dengan keragaman dan keindahan alam yang sangat istimewa. Untuk urusan hotel di Banyuwangi, Anda bisa percayakan aplikasi Traveloka! Selain memberikan banyak pilihan akomodasi, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Traveloka CleanAccommodation yang akan memberikanmu kurasi hotel pilihan yang telah berkomitmen menjalankan protokol serta standar kesehatan dan kebersihan sesuai anjuran otoritas setempat. Dengan begitu, jadi smart and responsible traveler selama liburan ke Banyuwangi jadi jauh lebih mudah!




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago