SOLOPOS.COM - Ilustrasi FYP TikTok. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — For You Page atau disingkat FYP adalah halaman awal yang ditampilkan saat Anda pertama kali membuka aplikasi TikTok. FYP bisa ditampilkan berdasarkan algoritma dari TikTok sendiri yang menunjukkan kepada Anda video mereka jika Anda mungkin menyukainya. Video apa yang tampil pada FYP Anda tidak bisa ditebak, karena diatur oleh aplikasi.

Idenya adalah TikTok berpikir Anda mungkin menyukai video ini berdasarkan konten yang Anda gunakan di aplikasi. Karena algoritma TikTok menampilkan konten ini berdasarkan jenis keterlibatan Anda atau lama waktu menonton sebuah video, artinya tidak ada FYP dari dua pengguna yang sama.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Biasanya video-video yang muncul di FYP memiliki banyak like, walaupun tidak selamanya seperti itu. Banyak para kreator TikTok yang ‘mengejar’ like agar videonya masuk FYP dan dikenal oleh pengguna lainnya.

Mendapat like di TikTok bukan hal yang mudah jika tidak mengetahui bagaimana caranya, jasa like TikTok bisa menjadi solusi agar video Anda memperoleh banyak like.

Para kreator TikTok ingin tahu cara mendapatkan FYP, tetapi tidak ada cara pasti untuk sukses menampilkan video FYP. Namun, ada tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang agar konten Anda sering muncul di FYP. Apa saja tipsnya?

Baca Juga: Cara Dapat Uang dari Tiktok untuk Pemula

Buat Video Berkualitas Tinggi

Saat ini tidak ada alasan untuk memposting video berkualitas rendah di media sosial seperti TikTok. Penonton Anda menginginkan video berkualitas tinggi yang dapat menarik perhatian dan jika keseluruhan video Anda menarik dan diedit dengan baik, ini meningkatkan peluang Anda untuk muncul di FYP dan bahkan menjadi viral.

Aplikasi edit video sudah bisa Anda gunakan baik yang gratis maupun berbayar. Perlu diingat Anda tidak memerlukan ponsel dengan harga puluhan juta untuk mendapat video berkualitas tinggi, yang harus Anda lakukan adalah mencari sudut video terbaik.

Setelah itu, edit dengan aplikasi pilihan Anda untuk menambahkan efek dan mengatur pencahayaan yang bisa menambah keindahan dari video.

Buat Video Singkat

Durasi video yang diunggah pada TikTok berpengaruh terhadap ketertarikan penonton Anda. Banyaknya video yang diunggah para kreator setiap harinya membuat Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menangkap dan mempertahankan perhatian mereka.

Baca Juga: Begini Cara Bikin TikTok Centang Biru

Untuk alasan ini, penting agar video Anda tetap pendek dan langsung ke intinya, menyampaikan pesan atau inti dari video dalam waktu singkat.

Saat ini TikTok sudah menyediakan durasi yang jauh lebih panjang yakni dengan durasi 10 menit, tapi yang perlu diperhatikan adalah apakah video Anda mampu ditonton penonton selama itu?

Kika tidak, tidak ada salahnya untuk mengunggah video durasi pendek mungkin sekitar 3-5 menit. Fokus pada konten apa yang akan disampaikan dan tentukan durasi yang paling sesuai. Jika Anda melakukan itu, FYP dan like akan datang dengan sendirinya.

Tambahkan Musik Trending ke Video

Musik identik dengan TikTok. Jika digunakan dengan benar, menambahkan musik ke video Anda adalah salah satu cara terbaik untuk membantu video mendapat peringkat lebih tinggi pada algoritma dan berakhir di FYP.

Pilih musik yang relevan dengan video Anda. Menggunakan musik yang sedang tren di TikTok juga merupakan cara cepat untuk membuat video Anda dilihat penonton.

Baca Juga: Profil Jevo Batara, Polisi Ganteng Viral di Tiktok

Hak cipta pada musik juga menjadi perhatian TikTok, sehingga menggunakan musik-musik yang sudah disediakan TikTok lebih aman digunakan dibandingkan memasukan musik dari tempat lain.

Anda bisa mengetahui berapa banyak musik digunakan para kreator, musik apa saja yang trending atau yang sedang viral. Sudah banyak kreator yang merasakan videonya FYP saat memilih musik yang tepat sesuai dengan apa yang sedang trending.

Gunakan Hashtag yang Tepat

Hashtag atau tanda pagar (tagar) jika digunakan dengan benar, tagar dapat membantu video Anda mendapatkan lebih banyak eksposur. Tagar ini dapat menjadi alat yang efektif dalam membantu pengguna menemukan dan terlibat dengan video Anda, yang meningkatkan peluang Anda untuk muncul di FYP.

Beberapa hashtag yang perlu dipertimbangkan untuk memasukkan video Anda ke FYP adalah #foryou, #foryoupage, #fyp. Penggunaan tagar ini bisa efektif digunakan untuk memberikan penonton Anda kesadaran akan identitas konten-konten Anda.

Memilih tagar yang tepat memerlukan riset tertentu agar apa yang Anda gunakan tepat pada penonton sasaran.

Waktu Mengunggah Video

Memeriksa jam berapa dan hari apa orang-orang menonton video Anda, dapat menjadi cara agar video Anda mudah FYP. Anda dapat memeriksa halaman analytics Anda melalui pengaturan aplikasi selama tujuh hari terakhir dan Anda akan dapat melihat kapan puncak lalu lintas video Anda ditonton.

Baca Juga: Viral di TikTok, Begini Cara Edit Foto Gunakan Spiral Betty



Pakar lain di media sosial telah menggunakan teori ini untuk platform media sosial lain seperti Instagram, dan masuk akal jika semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi ini, lalu lintas Anda akan melonjak.

Sebaliknya, jika Anda memposting pada waktu hari ketika lebih sedikit orang yang menggunakan aplikasi, masuk akal Anda tidak akan melihat banyak suka.

Beberapa tips di atas dapat Anda lakukan agar video TikTok Anda muncul di laman FYP dengan meraih banyak like. Tidak cukup hanya memposting konten menarik di TikTok dan berharap pengguna akan mulai mengikuti Anda.

Mendapatkan FYP dapat membantu Anda mendapatkan beberapa keuntungan, seperti:

Mendapat Banyak Followers

FYP adalah hal pertama yang dilihat pengguna ketika mereka membuka aplikasi, sehingga memberikan eksposur yang sangat besar bagi para kreator. Hal ini sangat menguntungkan jika Anda ingin memasarkan ke audiens Gen Z dan milenial.

Menghasilkan Uang

Dengan lebih banyak eksposur TikTok, semakin banyak pengikut TikTok dan lebih banyak penjualan. Jika terus menerus menjadi FYP dan mendapat like hingga memiliki 10.000 followers, Anda juga dapat mulai menghasilkan uang dari video Anda melalui kampanye TikTok Creator Fund.

Baca Juga: Viral! Bu Yayuk Sopir Bus Jakarta-Wonogiri Nyetir Pakai Daster

Mendapat Sponsor

Setelah algoritma mulai mendorong konten Anda ke audiens yang lebih luas, Anda akan mulai diakui sebagai otoritas di niche Anda. Ini dapat mengarah pada sponsor berbayar. Sponsor dapat memberikan Anda proyek mulai dari yang kecil hingga besar, tentunya penghasilan Anda juga akan bergantung pada proyek yang disepakati.

Penjualan Menguntungkan

Mendarat di FYP akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pengikut dan suka serta meningkatkan kesadaran merek dan itu dapat dengan cepat diterjemahkan menjadi lebih banyak keuntungan penjualan untuk bisnis Anda.

Beberapa keuntungan jika Anda menjadi terkenal di TikTok bisa didapatkan dengan mudah apabila video sering muncul di FYP dan memiliki banyak like.

Tidak hanya itu, followers juga akan ikut bertambah jika Anda konsisten mengunggah video-video berkualitas dan menarik perhatian para penonton.

Anda bisa beli followers TikTok permanen untuk menambah followers. Jika memiliki banyak followers, kesempatan mendapat penghasilan dari TikTok akan semakin dekat.

Melalui Fastwork sebagai platform penyedia jasa beli followers, akan memudahkan Anda mendapat followers dalam waktu cepat dan proses yang mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya