SOLOPOS.COM - Ilustrasi menabung (Gazettereview.com)

Tips keuangan kali ini membahas tentang cara sederhana mengatur keuangan Anda.

Solopos.com, JAKARTA — Berinvestasi dan membeli kebutuhan sehari-hari adalah dua kegiatan penting dalam hidup. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan Anda agar antara kebutuhan berinvestasi dan kebutuhan sehari-hari bisa berjalan secara seimbang?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Solopos.com dari Liputan6, Kamis (11/12/2015), ada empat langkah mudah untuk mengatur keuangan, agar gaji bulanan Anda tidak habis begitu saja.

Ekspedisi Mudik 2024

1. Bagilah Pengeluaran Anda
Setiap Anda menerima pemasukan, aturlah pengeluaran sesuai kebutuhan Anda. Pengeluaran ini bisa dibagi untuk pengeluaran harian, cicilan bulanan, pengeluaran untuk hiburan, dan investasi. Pembagian ini bertujuan agar Anda bisa merencanakan keuangan sejak awal.

2. Buatlah Komitmen
Setelah membagi pengeluaran Anda, buatlah komitmen untuk menabung dengan berinvestasi. Dalam sebulan Anda bisa mengalokasikan sekitar 10 persen dari pengeluaran Anda untuk kebutuhan investasi di masa depan. Alokasi untuk investasi memang penting, agar Anda bisa menabung secara rutin dengan jumlah yang sudah ditetapkan.

3. Pisahkan Rekening Tabungan
Anda pun bisa membuat dua tabungan untuk menabung dan pengeluaran harian. Selain memiliki rekening untuk kebutuhan sehari-sehari, Anda juga harus memiliki rekening untuk menabung. Sehingga ketika mendapatkan pemasukan, Anda bisa memindahkan dana ke rekening yang sudah ditetapkan untuk investasi jangka panjang.

4. Pisahkan Pengeluaran Tidak Terduga
Jangan lupa untuk memberi anggaran pengeluaran tak terduga. Tentunya, Anda tidak ingin rencana keuangan Anda akan berantakan karena keadaan darurat. Untuk itu, alokasikan juga pengeluaran tak terduga untuk kondisi kurang baik yang bisa terjadi secara tiba-tiba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya