TIPS KEUANGAN : Begini Cara Mengelola Keuangan Agar Tak Boros

SHARE
TIPS KEUANGAN : Begini Cara Mengelola Keuangan Agar Tak Boros
SOLOPOS.COM - Ilustrasi suasana pusat perbelanjaan eceran (JIBI/Solopos/Dok.)

Tips keuangan memberikan informasi bagi Anda untuk mengelola keuangan agar tak boros.

Solopos.com, SOLO – Di era yang serba modern, seseorang dapat dengan mudah terperosok ke jurang gaya hidup mewah. Orang dengan mudah tergiur dan membelanjakan uang dengan barang-barang yang tidak diperlukan.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

“Kalau hal itu tidak memengaruhi pos pemasukan, akan jadi sia-sia,” kata Lutfi Trizki, pendidik keuangan dari Rumah Cerdas Finansial Kak Seto, Kamis (23/7/2015), sebagaimana dilansir Antara.com.

Dia mencotohkan salah satu gaya hidup yang kerap terjadi di kota besar, misalnya membeli penganan kecil di sore hari seusai pulang bekerja. Kebiasaan seperti itu, menurut dia, bukan termasuk bagian dari kebutuhan melainkan keinginan.

“Itu kebiasaan yang bisa dikurangi atau ada juga yang bisa dihilangkan,” kata Lutfi.

Memilah antara kebutuhan dan keinginan akan membantu seseorang merencanakan keuangannya. Memiliki tujuan jangka panjang akan membantu meredam keinginan tersebut, misalnya lajang yang berencana menikah akan mulai menyisihkan uang untuk kebutuhan ketika berkeluarga nanti, seperti membeli tempat tinggal.

Ekspedisi Energi 2022

Tidak berarti keinginan dihilangkan sama sekali, bisa saja, misalnya, berkeinginan berlibur ke luar negeri pada akhir tahun.

Saat menabung untuk keinginan liburan, perhatikan juga apakah uang yang disisihkan per bulan akan mampu mewujudkan rencana tersebut. “Bila tidak, berarti tambah pemasukan,” tambahnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago