SOLOPOS.COM - Kegiatan donor darah di Griya Harian Jogja, Minggu (19/5/2013). (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Tips kesehatan kali ini mengulas manfaat donor darah.

Solopos.com, SOLO — Menyumbangkan sebagian darah Anda dalam aksi donor darah secara rutin bisa menjaga kesehatan tubuh Anda.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Setidaknya ada tujuh manfaat yang bisa Anda rasakan ketika Anda donor darah. Orang yang bisa mendonorkan darahnya cenderung memiliki berat badan stabil.

Ekspedisi Mudik 2024

Simak tujuh manfaat donor darah berikut ini, sebagaimana dilansir Boldsky, Kamis (1/10/2015).

1. Gratis
Tes darah adalah prosedur awal bagi setiap orang yang bermaksud mendonorkan darahnya. Ketika Anda akan mendonorkan darah, darah Anda harus diperiksa dulu. Pemeriksaan darah Anda ini pun tak memungut biaya. Gratis saat pemeriksaan darah adalah keuntungan yang bisa Anda dapat ketika menjadi pendonor darah.

2. Puas
Seseorang yang mendonorkan darahnya cenderung memiliki perasaan puas dan lebih mudah bersyukur dalam hidupnya. Mengapa? Karena donor darah ini adalah aksi sosial dalam bidang kesehatan. Lewat donor darah, berarti Anda telah turut berupaya menyelamatakn kehidupan orang lain.

3. Zat Besi
Kadar zat besi dalam darah seseorang yang rutin donor darah cenderung stabil atau seimbang.

4. Jantung
Tahukah Anda? Mendonorkan darah bisa menyehatkan jantung Anda. Secara tidak langsung, donor darah bisa mencegah seserang terserang penyakit jantung.

5. Risiko Kanker
Beberapa ahli kesehatan mengungkapkan donor darah secara rutin bisa mengurangi risiko terkena kanker dalam diri seseorang. Meski begitu, belum ada studi kuat yang menjadi bukti dugaan tersebut.

6. Aliran Darah Lancar
Kebiasaan merokok dan makan makanan manis bisa mengganggu kesehatan aliran darah Anda. Apabila Anda donor darah, Anda akan merasa aliran darah anda lancar. Lambat laun Anda juga bisa meninggalkan kebiasaan buruk, seperti merokok dan makan makanan manis.

7. Kurangi Kalori
Orang yang donor darah secara rutin akan lebih mudah menjaga berat badannya agar terus stabil. Pasalnya, saat donor darah, seseorang akan kehilangan sekitar 500 kalori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya