SOLOPOS.COM - Ilustrasi hamil (kidspot.com)

Tips kehamilan kali ini membahas tips memilih tempat persalinan bagi ibu hamil.

Solopos.com, SOLO — Ketika hendak menentukan tempat persalinan, tidak sedikit ibu hamil (bumil) dihadapkan kepada banyak pilihan. Apakah hendak melahirkan di klinik bersalin terdekat dengan rumah, bidan, atau di rumah sakit tempat dokter kandungan berpraktik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekretaris Program Studi Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) PKU Muhammadiyah Solo, Nevia Zulfatunnisa, kepada Solopos.com, belum lama ini, mengungkapkan tempat persalinan yang dipilih harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan menentukan tempat persalinan. Jarak antara rumah dan tempat pelayanan kesehatan. Jika jarak terlalu jauh, bisa mengganggu proses persalinan jika kebetulan prosesnya harus cepat.

Faktor kehamilan, apakah termasuk kehamilan yang bermasalah atau tidak. Jika termasuk kehamilan bermasalah misalnya ada riwayat terkena tekanan darah tinggi, diabetes militus, kelahiran kembar, posisi bayi sungsang dan sebab lainnya, persalinan harus dilakukan di rumah sakit yang memiliki peralatan memadai. Persalinan di bidan hanya boleh dilakukan pada kehamilan yang kemungkinan besar bisa lahir normal.

Memilih siapa orang yang akan menolong saat persalinan, apakah seorang bidan, dokter spesialis kandungan atau keduanya. Kalau memilih hanya ditolong bidan, persalinan cukup dilakukan di rumah bidan atau rumah bersalin. Jika menghendaki ditolong bidan dan dokter spesialis kandungan, bisa melahirkan di rumah sakit.

Memilih menggunakan fasilitas asuransi kesehatan atau tidak. Jika menggunakan asuransi, berarti harus memilih tempat pelayanan kesehatan yang melayani asuransi kesehatan yang dimiliki.

Faktor ekonomi juga harus pertimbangkan. Jika dana yang tersedia tidak terlalu banyak dan dimungkinkan bisa melahirkan secara normal, bisa memilih melahirkan di bidan atau rumah bersalin.

Jika tidak bermasalah dengan faktor ekonomi, biasanya pilihannya ke rumah sakit sehingga langsung ditangani dokter spesialis kandungan.

Mempertimbangkan fasilitas yang ingin diperoleh. Terkadang fasilitas yang ditawarkan rumah sakit lebih lengkap dari rumah bersalin. Namun saat ini, sudah banyak juga klinik bersalin yang menawarkan fasilitas tak kalah lengkap dengan rumah sakit. Pertimbangkan juga siapa dari keluarga yang akan mendampingi ketika proses persalinan.

Terkait kapan waktu yang tepat bagi seorang ibu hamil untuk mendatangi tempat persalinan, kata Nevia, yakni ketika sudah mengalami tanda-tanda persalinan. Misalnya mengalami kontraksi secara teratur, pendarahan atau bahkan pecah ketuban.

“Biasanya hal itu terjadi tidak lama dari hari perkiraan lahir yang ditentukan sebelumnya, kecuali pada kondisi khusus,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya