SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kerusakan rambut (magforwomen.com)

Solopos.com, SOLO – Selama ini, banyak wanita mengeluhkan berbagai macam kerusakan rambut yang sering membuat mereka khawatir. Rambut rontok, ketombe, ataupun penipisan rambut, kerap menjadi problema yang mendasar pada sebagian besar wanita.

Kerusakan rambut sering kali dipicu oleh seringnya rambut terkena bahan kimia dan jarang mendapatkan perawatan khusus sehingga tampak kusam dan tidak sehat. Karena itu, hindari ke salon terlalu sering untuk perawatan rambut secara kimia. Beralihlah dengan cara alami untuk mandapatkan rambut bersinar dan kuat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun tekanan hidup, stres, kekurangan gizi, dan perubahan hormon juga sering menjadi kunci utama kerusakan rambut. Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi kerusakan rambut. Ini sebagian di antaranya, sebagaimana dilansir magforwomen, Kamis (24/10/2013).

1. Usap Rambut dengan Minyak Panas

Ekspedisi Mudik 2024

Gosokkan minyak panas dan pijat di kepala Anda dua kali sepekan, lalu lihatlah hasil positif sesudahnya. Anda dapat menggunakan minyak kelapa, canola, dan minyak zaitun.

Pijat dengan lembut sampai ke helaian akhir rambut Anda, tunggu selama satu jam dan cuci dengan sampo. Pijatan lembut akan meningkatkan sirkulasi darah ke kepala Anda, maka Anda dapat mendapatkan manfaat positif. Rambut bakal tumbuh lebih cepat serta menghentikan rambut rontok.

2. Mediasi

Stres adalah salah satu penyebab kerusakan rambut. Berlatihlah mediasi atau yoga untuk memberikan penyegaran pada pemikiran serta tubuh Anda. Mediasi juga dapat mengembalikan keseimbangan hormon jika Anda memang memiliki masalah kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor hormonal.

3. Antioksidan

Antioksidan dapat membantu banyak dalam mencegah kerusakan rambut. Anda dapat memakai teh hijau hangat di kulit kepala Anda, biarkan selama satu jam sebelum dibilas. Antioksidan dalam teh hijau dapat meningkatkan kesehatan rambut serta membuatnya lebih kuat dan mencegah kerontokan.

4. Jus Sehat untuk Rambut

Apakah Anda pernah mencoba menggunakan bawang putih, bawang merah atau jus jahe pada kulit kepala Anda? Jika tidak, cobalah menggunakannya satu per satu. Jus alami ini sangat efektif untuk mencegah rambut rontok. Gunakan salah satu jus pada kulit kepala Anda selama semalam dan cucilah di pagi hari dengan menggunakan sampo. Anda juga dapat menggunakan lidah buaya untuk tujuan yang sama.

5. Mengatur Pola Makan

Masukkan lebih banyak protein dalam makanan Anda dengan menyantap ikan, telur, daging, kedelai, dan kacang-kacangan. Makanan yang mengandung vitamin, omega 3, asam lemak, dan seng sangat penting untuk kesehatan rambut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya