SOLOPOS.COM - Ilustrasi buah jeruk (JIBI/Bisnis Indonesia/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Jeruk nipis ternyata tak cuma punya banyak manfaat untuk kesehatan, tapi juga kecantikan. Berikut ini manfaat jeruk nipis sebagaimana dipaparkan laman aneka berita Kabar24.com, Kamis (26/12/2013), berdasarkan kutipan dari Stylecraze:

Mengatasi Jerawat

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Air jeruk nipis bisa mengatasi jerawat pada wajah, caranya bisa dengan meneteskannya pada kulit berjerawat. Meneteskan air jeruk nipis pada bekas jerawat juga bisa menyamarkannya dan membuat kulit lebih mulus. Mengonsumsi air jeruk nipis secara rutin juga baik untuk kulit wajah yang berjerawat.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Jeruk nipis mampu mengangkat sel kulit mati dan fungsinya sama seperti scrub, namun teksturnya lebih halus sehingga tidak menyebabkan iritasi. Caranya bisa dengan menggosokkan daging buah jeruk nipis ke wajah. Jangan lupa membilas wajah dengan sabun dan air, agar sisa air dan daging buah jeruk nipis tidak menempel di wajah.

Mencerahkan Kulit

Minyak jeruk nipis juga dipercaya bisa mencerahkan kulit dan banyak digunakan sebagai bahan penyegar. Produk kecantikan ini bisa mengencangkan pori-pori dan mengurangi kadar minyak pada kulit, serta menjadikan kulit tampak lebih cerah.

Kemampuan Anti-ageing

Jeruk nipis bisa melawan proses penuaan dini yang bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari. Irisan jeruk nipis bisa digunakan sebagai masker untuk mencegah penuaan dini sekaligus menyamarkan bintik hitam akibat sinar ultra violet (UV).

Mengatasi Ketombe

Jika Anda mengalami masalah ketombe pada rambut, cobalah mencampurkan air perasan jeruk nipis dan minyak kelapa lalu mengoleskannya pada kulit kepala. Diamkan selama semalaman dan bilas rambut hingga bersih. Tak hanya membersihkan kulit kepala dari ketombe, cara ini juga menghaluskan rambut.

Mencegah Rambut Rontok

Air perasan jeruk nipis sangat bagus untuk memperbaiki tekstur rambut. Dengan pemakaian teratur, jeruk nipis bisa menguatkan rambut sekaligus mencegahnya kerontokan rambut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya