SOLOPOS.COM - JOB MARKET FAIR

Tips karier kali ini akan mengulas cara nyaman mengikuti Job Fair.

Solopos.com, SOLO – Salah satu cara mudah mencari info lowongan kerja adalah dengan mengikuti job fair. Ternyata ada beberapa tips agar Anda tetap nyaman mencari pekerjaan di job fair.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Virta Permatasari dari bagian pemasaran Jobstreet.com membagikan beberapa tips agar tetap nyaman saat melamar pekerjaan di job fair.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pertama, pelamar kerja harus makan terlebih dahulu sebelum datang ke lokasi job fair karena akan menguras energi akibat ramainya pengunjung,” katanya di area Indonesia Career Expo 2016 di Jakarta, Jumatn (15/1/2016).

Kedua, pelamar harus mengetahui semua informasi tentang job fair, seperti jam buka, harga tiket masuk, dan perusahaan yang hadir.

“Misalnya perusahaan tidak kredibel, itu kan sayang sekali, apalagi sebagian besar job fair berbayar,” tuturnya.

Ketiga, ia juga meminta pelamar memperhatikan pakaian yang dikenakan. Pelamar memang dituntut untuk berpakaian secara profesional, tetapi juga harus memperhatikan kenyamanan.

Misalnya, jangan memakai sepatu hak terlalu tinggi atau menggunakan make up yang berlebihan. “Di sana kan padat dan ramai jadi make up bakalan tetap luntur,” ujar dia sebagaimana diberitakan Antaranews.com.

Selanjutnya membawa banyak daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV). “Saya sarankan CV saja yang dibawa, jadi foto, KTP, dan surat lamaran itu tidak perlu,” kata Virta.

Ia mengatakan, divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (HRD) hanya melihat CV. Ijazah pun tidak dibutuhkan saat melamar kerja karena lebih diperlukan pada proses rekruitmen selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya