SOLOPOS.COM - Ilustrasi.dok

Tips karier untuk mendapatkan gaji yang diinginkan.

Solopos.com, SOLO – Wawancara kerja menjadi faktor penting penentu seseorang akan diterima kerja atau ditolak. Karenannya, pelamar kerja diwajibkan memiliki cara jitu untuk menjawab pertanyaan dari pihak perusahaan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip Solopos.com, Selasa (4/8/2015) dari Businessinsider.co.id, para pencari kerja akan dihadapkan dengan dilema ketika sang interviewer bertanya, “Berapa gaji yang Anda inginkan?”

Hal tersebut membuat orang berpikir berapa harga yang pantas untuk keringat mereka. Jika Anda menyebutkan gaji terlalu tinggi maka akan timbul kekhawatiran ditolak. Jika Anda menyebutkan gaji terlalu rendah maka Anda akan mengalami kesulitan ke depannya.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? Berikut tips mendapatkan gaji yang diidamkan:

Amati Perusahaan Lain
Coba perhatikan perusahaan saingan dari tempat Anda melamar pekerjaan. Cari tahu berapa gaji untuk posisi yang Anda inginkan dan tambahkan 10% dari jumlah gaji perusahaan saingan tersebut.

Tanyakan Batas Atas dan Batas Bawah
Tanyakan berapa batas atas dan batas bawah gaji yang ditawarkan oleh perusahaan yang Anda lamar. Hal itu akan memberikan gambaran kepada pelamar untuk menyebutkan gaji yang pantas untuk diri mereka.

Putar Skripnya
Sebuah perusahaan asal Inggris, Anthony Gold, mengatakan bahwa, “siapa yang membuka pembicaraan terlebih dulu maka Ia kalah.”

Biarkan perusahaan yang Anda lamar memberikan penawaran terlebih dahulu setelah mengevaluasi hasil wawancara sebelumnya.

Pikirkan Manfaat Lain
Gaji memang upah dari bekerja, namun coba tanyakan manfaat lain yang diberikan oleh perusahaan. Sebagai contoh, apakah perusahaan memberikan pelatihan gratis, asuransi, uang makan atau bonus lainnya.

Tunjukkan Kualitas Diri
Untuk mendapatkan gaji yang diinginkan, tunjukkan bahwa diri Anda memang pantas untuk mendapatkannya. Ceritakan pengalaman dan kemampuan bekerja Anda. Cara ini bisa membuat pihak perusahaan berpikir kembali untuk kehilangan potensi yang Anda miliki. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya