SOLOPOS.COM - Ilustrasi menulis surat lamaran pekerjaan (Talentedladiesclub.com)

Tips karier kali ini mengulas lima hal yang harus diperhatikan seorang pelamar pekerjaan.

Solopos.com, SOLO — Saat Anda mengajukan surat lamaran ke suatu perusahaan, setidaknya ada lima hal yang sebaiknya diperhatikan, agar pihak Human Resource Development (HRD) tidak tergesa-gesa mencoret nama Anda di antara sekian banyak pelamar pekerjaan.

Promosi Hari Ini Jadi Cum Date Dividen Saham BBRI, Jangan Ketinggalan THR dari BRI

Dilansir Reader’s Digest, Kamis (17/12/2015), beberapa hal yang harus Anda perhatikan tersebut meliputi penggunaan email baku, tampilan curriculum vitae (CV), hingga pilihan kata di halaman pengantar dalam bendel surat lamaran Anda. Simak ulasan lengkapnya berikut ini;

Ekspedisi Mudik 2024

1. Alamatkan ke Manajer Divisi
Perlu Anda ketahui, ada banyak surat lamaran yang masuk ke meja HRD. Biasaya, proses penyeleksian surat lamaran yang masuk ke HRD justru lebih rumit daripada surat lamaran yang masuk ke manajer divisi.

Ketika surat lamaran Anda langsung ke manajer divisi, apabila kualifikasi Anda memenuhi syarat, pihak manajer divisi akan segera memerintahkan pihak HRD untuk memanggil Anda.

2. Email Baku
Sudah menjadi rahasia umum, nama akun email untuk melamar pekerjaan sebaiknya tidak yang norak atau aneh. Gunakan nama asli Anda atau yang sederhana sehingga pihak perusahaan bisa membaca keseriusan Anda.

3. CV Singkat, Padat, dan Jelas
Tulis curricukum vitae (CV) Anda dalam bahasa yang singkat, padat, dan jelas. Tidak perlu bertele-tele karena itu akan membuat pembaca surat lamaran Anda bosan.

4. Perluas Jaringan
Perluas pergaulan Anda agar memiliki banyak teman yang bisa memberi informasi soal lowongan pekerjaan. Ketika Anda masuk di perusahaan di tempat teman Anda bekerja, akan lebih mudah bagi pihak perusahaan untuk menilai kesungguhan Anda, lewat pengungkapan hubungan pertemanan Anda dengan karyawan mereka. Nama Anda akan diperhitungkan, terlebih jika teman Anda memiliki kineja baik di perusahaan.

5. Halaman Pengantar
Di halaman pengantar dalam bendel surat lamaran, sebaiknya gunakan bahasa yang lugas dan bersangkutan langsung dengan bidang yang Anda tuju. Paparkan pengalaman kerja sebelumnya yang memiliki relevansi dengan bidang yang akan Anda masuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya