SOLOPOS.COM - Ilustrasi bekerja di kantor (www.industrynews.sg)

Tips karier kali ini mengulas soal empat kebiasaan sederhana yang bisa menunjang kesuksesan Anda!

Solopos.com, SOLO — Ada empat kebiasaan sederhana yang tampaknya sepele, namun ternyata bisa menjadi faktor pendukung dalam kesuksesan karier seseorang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Empat kebiasaan tersebut, antara lain mengategorikan tugas-tugas penting, merekap hal penting dalam rapat, memasang gambar lucu di meja kerja, dan menyimpan foto seseorang di dompet.

Simak selengkapnya empat kebiasaan sederhana tersebut di tips karier kali ini, Selasa (6/10/2015).

1. Mengategorikan Tugas
Hal sederhana yang cukup penting untuk Anda dilakukan setiap hari adalah mengategorikan tugas. Coba klasifikasikan pekerjaan penting menjadi tiga bagian tingkat kesulitan. Kemudian selesaikan tugas-tugas tersebut terlebih dahulu sebelum mengerjakan hal kecil, misalnya membalas email yang sifatnya tidak mendadak. Jika bisa kerjakan dalam waktu dua jam.

“Begitu Anda mengidentifikasi apa yang penting, Anda tidak akan merasa jika pekerjaan terlalu banyak. Membagi tugas dalam jumlah kecil juga menjadikannya lebih mudah dikerjakan,” ungkap penulis buku Two Awesome Hours: Science-Based Strategies to Harness Your Best Time and Get Your Most Important Work Done, Josh Davis, Ph.D., sebagaimana dikutip Detik, Selasa.

2. Rekap di Akhir Rapat
Kesuksesan karier tidak hanya menyangkut cara kerja Anda secara pribadi, tapi juga dipengaruhi oleh performa rekan-rekan kerja Anda. Maka dari itu, jangan sungkan membantu rekan kerja Anda dalam meraih prestasi.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah memaksimalkan waktu rapat dengan teman-teman kerja. Agar lebih maksimal, coba kemukakan ringkasan atau rekapitulasi di akhir pertemuan.

Dengan begitu, Anda serta para rekan jadi lebih mengingat tugas atau cara penting yang akan membuat sistem kerja jadi lebih baik. Jangan lupa pula untuk mencatat intisari dalam rapat, sehingga tidak lupa dan mudah dipertanggungjawabkan di kemudian hari.

3. Pasang Gambar Binatang Lucu
Apabila Anda sering kesulitan berkonsentrasi saat bekerja, coba pasang sebuah foto binatang lucu yang Anda suka di meja kerja atau sebagai latar belakang komputer.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang mengungkapkan bila cara tersebut dapat menimbulkan emosi positif, sehingga Anda lebih detail dalam memperhatikan sesuatu. Anda pun bisa melihat foto-foto kucing atau anjing menggemaskan itu sebelum menyelesaikan tugas berat.

Namun hindari memajang foto binatang yang terlalu mencuri perhatian, misalnya panda atau koala. “Orang tidak bisa berkonsentasi pada gambar yang menarik perhatian. Anda harus melihat hal-hal lucu selama istirahat,” ungkap penulis penelitian Hiroshi Nittono, Ph.D.

4. Simpan Foto di Dompet
Menyimpan foto keluarga atau pasangan tercinta di dalam dompet sering dilakukan banyak orang. Hal tersebut biasa dilakukan agar mereka bisa melihat wajah orang tersayang sewaktu-waktu.

Jika ingin sukses lebih cepat, hal tersebut patut Anda lakukan. Menurut penelitian dalam Journal of Marketing Research, menyimpan gambar orang terdekat bisa memotivasi seseorang saat bekerja bahkan bisa meningkatkan cara seseorang dalam berhemat.

“Sebuah gambar memiliki kemampuan untuk memunculkan koneksi emosional yang kuat, memungkinkan konsumen untuk membayangkan tujuan pengeluaran finansial. Dengan begini, setiap membuka dompet untuk belanja sesuatu yang mahal, Anda teringat untuk berhemat,” kata Dilip Soman dari Universitas Toronto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya