SOLOPOS.COM - Ilustrasi membangun jaringan (Absolute.com)

Tips karier kali ini mengulas soal pentingnya membangun jaringan.

Solopos.com, SOLO — Tidak peduli apa pekerjaan Anda, kemampuan membangun jaringan atau relasi sangat dibutuhkan, jika Anda ingin mencapai kesuksesan berkarier.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Membangun jaringan membutuhkan kemampuan khusus dan hal itu sebaiknya Anda asah sedini mungkin. Simak beberapa tips karier kali ini, yang Solopos.com himpun dari Entrepreneure, Minggu (6/9/2015), agar Anda menjadi pribadi yang mudah membangun jaringan.

1. Pola Pikir
Apabila sebelumnya Anda berpikir tak perlu memiliki banyak jaringan untuk mencapai kesuksesan, sebaiknya Anda mulai ubah pola pikir Anda tersebut.

Pahamilah bahwa dalam kehidupan, Anda membutuhkan bantuan orang lain, karena ada masa ketika ada hal yang tak bisa Anda lakukan, tapi bisa dilakukan orang lain, begitu pula sebaliknya.

Ingat, memperluas jaringan lewat pertemanan dengan orang lain bisa mempermudah kehidupan Anda. Saat Anda ingin menjalin pertemanan denagn orang lain, sebaiknya jangan hanya sebatas bertukar kartu nama, tapi luangkan waktu kebersamaan dengan teman. Bicarakan hal-hal ringan yang menyenangkan dan jika perlu buatlah lelucon, agar orang lain nyaman dengan Anda.

2. Tujuan dan Perencanaan
Ketika membangun jaringan, tentu Anda bertemu dengan banyak orang. Terkait dengan itu, Anda perlu memiliki fokus tujuan Anda. Jangan sampai pertemanan dengan banyak orang justru membuat Anda bingung menentukan langkah.

Anda bisa mulai memfokuskan tujuan Anda dengan menulis daftar cita-cita yang ingin Anda capai dan ingat catatan itu baik-baik.

Ketika memiliki banyak teman dengan pelbagai pemikiran dan masukan, Anda bisa memilah mana masukan atau saran yang bisa mengantar Anda ke titik tujuan Anda.

Memiliki tujuan dan perencanaan dalam hidup juga akan menggiring Anda menjadi pribadi yang pandai memilih mitra kerja, tanpa mengabaikan pertemanan Anda dengan orang pada umumnya.

3. Jaga Komunikasi
Di era digital ini, menjaga komunikasi dengan teman tentu bukan hal yang sulit Anda lakukan, selama Anda memiliki niat baik dan tulus untuk bertemandengan orang lain.

Manfaatkan media sosial yang ada. Anda bisa memilih media sosial Facebook, Twitter, Instagram, Skype atau apa saja untuk menjalin kedekatan dengan teman. Gunakan media sosial itu dengan bijaksana, sebagai jalan untuk saling memberi dukungan dan motivasi sukses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya