SOLOPOS.COM - Ilustrasi bekerja di kantor (www.industrynews.sg)

Tips karier kali ini mengulas soal kiat sukses menjadi freelance.

Solopos.com, SOLO — Pekerjaan freelance (lepas) bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin berkarier. Terkait dengan itu, ada trik agar Anda menjadi pekerja freelance yang sukses.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Seperti dirangkum Liputan6 dari Elitedaily, Sabtu (2/1/2016), ada tiga cara sukses untuk seseorang yang bekerja freelance.

1. Jalin Relasi
Salah satu unsur penting untuk membangun bisnis Anda adalah dengan menjaga hubungan dengan klien dan membuat mereka puas. Keberadaan klien membuat bisnis Anda tetap berjalan dengan baik. Segala bentuk opini klien akan berpengaruh pada keputusan mereka merekomendasikan bisnis Anda pada teman-temannya atau tidak. Anggaplah klien selalu benar, walaupun Anda mengetahui mereka tidak sepenuhnya benar.

2. Coba Dulu
Jika Anda berpikir untuk mencoba karier dalam dunia freelance, cobalah berkecimpung di dalamnya terlebih dahulu. Jangan terburu-buru untuk keluar dari pekerjaan yang sekarang Anda lakukan.

Pastikan diri sendiri bahwa transisi menuju pekerjaan tersebut memang benar-benar Anda sukai. Jika langsung melepas pekerjaan tanpa tahu pasti langkah selanjutnya, penyesalan bisa datang kapan saja.

Biarkan kegiatan freelance yang Anda pilih tumpah tindih dengan apa yang dikerjakan sekarang, ketimbang terburu-buru untuk keluar dari pekerjaan lama. Justru dengan itu Anda bisa sambil berlatih membagi fokus dan berlatih mengatur keuangan dengan baik.

3. Sabar
Saat Anda memulai bisnis ketika masih melakukan pekerjaan utama, jangan terburu-buru untuk meraih untung yang besar. Pekerjaan lepas yang Anda lakukan tersebut mungkin tidak serta merta menghasilkan keuntungan besar, tetapi memiliki manfaat untuk membayar tagihan lainnya.

“Perlahan tapi pasti” adalah ungkapan yang mungkin tepat untuk menggambarkan tahapan ini, karena keuntungan kecil tersebut merupakan awal dari keyakinan Anda dalam menekuni pekerjaan tersebut atau tidak.

Ketika ragu untuk menekuni dunia freelance, bersabar dan pikirkan lagi keputusan untuk keluar dari pekerjaan lama sambil menjalankan pekerjaan sampingan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya