SOLOPOS.COM - Ilustrasi Wanita Karier (Youtube)

Tips karier kali ini mengulas tentang tanda-tanda seseorang belum siap berbisnis.

Solopos.com, SOLO — Pernahkah Anda mendengar kisah seseorang yang bangkrut atau gagal dalam berbisnis? Salah satu faktor kegagalan tersebut adalah karena seseorang itu sebenarnya belum siap berbisnis.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Tanda ketidaksiapan seseorang untuk berbisnis dapat Anda simak dalam tips karier kali ini, Senin (29/12/2015), sebagaimana Solopos.com kutip dari Entrepreneur.

1. Kurang Memotivasi Diri
Menjadi pebisnis harus siap mandiri dan tidak tergantung dengan pihak lain. Maka dari itu, Anda harus bisa memotivasi diri sendiri, ketika target penjualan tidak terpenuhi, atau ketika ada masalah dengan bisnis Anda.

Ingat, Anda adalah bos untuk bisnis Anda sendiri. Tidak ada orang lain yang lebih kuat daripada Anda dalam menghadapi pelbagai gejolak dalam bisnis yang sedang Anda tekuni.

Apabila Anda mudah menyerah dan kurang memotivasi diri, berarti Anda tidak siap bergelut dalam bisnis. Sebaiknya mantapkan niat terlebih dahulu.

2. Anda Belum Punya Brand
Berbisnis butuh totalitas. Anda harus percaya diri menampilkan brand Anda. Jangan malu-malu untuk mempromosikan keunggulan produk Anda kepada orang lain. Apabila Anda belum bisa membuat brand, setidaknya ikutlah dengan produsen dengan brand yang memiliki sistem manajemen jelas dan baik.

Apabila Anda tidak berani menampilkan brand Anda dan hanya bermain dengan produsen amatiran, jangan harap bisnis Anda berkembang. Tidak akan ada hal baru yang bisa Anda pelajari untuk mengembangkan diri dalam berwirausaha.

3. Suka Bingung dan Tertekan
Pebisnis sejati memiliki sikap tegas dalam membuat keputusan. Orang-orang yang menggeluti dunia bisnis juga cenderung berpembawaan santai dan tidak merasa stres. Hal itu karena mereka tidak bekerja untuk orang lain. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda ketika memutuskan berbisnis, tekunilah bidang yang disukai gara terhindar dari rasa tertekan.

Saat Anda masih merasa stres dengan bisnis yang Anda jalankan, itu artinya Anda belum siap terjun sebagai pebisnis. Pikir ulang, barangkali ada sesuatu yang salah dengan bidang bisnis yang Anda pilih.

4. Kurang Riset
Seorang pebisnis tidak lelah dalam melakukan inovasi. Untuk membuat inovasi dalam produknya, seorang pebisnis harus rajin melakukan riset atau mengamati perkembangan selera konsumen. Harus banyak belajar, agar kreativitas berkembang.

Jangan mengaku siap berbisnis, jika Anda malas melakukan riset dan tidak rajin belajar cara melihat peluang. Di era seperti ini, Anda bisa melakukan riset dengan memanfaatkan media sosial.

5. Kurang Gegeret untuk Memulai
Untuk membangun  bisnis yang kuat, Anda harus punya tekad dalam memulainya. Jika Anda kurang gereget atau bergairah dalam memulai bisnis, jangan harap produk Anda sukses di pasaran. Anda harus senantiasa menjaga semangat dalam berwirausaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya