SOLOPOS.COM - Ilustrasi harap-harap cemas melamar pekerjaan (News.com.au)

Tips karier kali ini mengulas seputar bisnis yang menggunakan modal kecil.

Solopos.com, JAKARTA — Apakah Anda sedang berpikir tentang peluang bisnis yang bisa Anda lakukan tanpa perlu modal banyak? Jika iya, simak tips karier kali ini, Selasa (11/8/2015).

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Anda tidak perlu risau jika saat ini Anda minim modal, sementara keinginan Anda untuk berbisnis terus menggelora. Sebagaimana Solopos.com himpun dari Liputan6, Selasa, setidaknya ada lima pekerjaan wirausaha yang bisa Anda lakukan dengan modal uang kecil. Lalu, apa yang menjadi modal Anda? Keahlian!

Berikut ini adalah lima ide bisnis yang bisa membangkitkan jiwa kewirausahaan Anda yang dilansir Payscale;

1. Konsultan
Jika Anda paham dengan teori pada bidang tertentu, dapat menggunakan keahlian tersebut untuk membangun bisnis sebagai konsultan.

Anda bisa memasarkan diri sendiri sebagai konsultan bisnis atau kepada orang yang mencari layanan konsultasi di bidang yang dikuasai.

Jika Anda pandai menggunakan sosial media, ketahuilah seluk-beluk bagaimana memanfaatkan media sosial untuk aktivitas bisnis. jika Anda mau, bisa juga menjadi konsultan media sosial.

Anda bisa memelihara bisnis sebagai konsultan ini lewat blog atau website yang Anda kelola dengan konten kompetensi Anda. Penggunaan media sosial ini juga memudahkan calon klien untuk menemukan Anda.

2. Menjual Hasil Karya
Apabila Anda kreatif dalam membuat hasil karya tangan, seperti melukis, rajutan atau pahatan, Anda dapat memulai bisnis dengan menjual karya Anda.

Hal tersebut juga berlaku bagi Anda yang memiliki keterampilan memasak. Anda bisa memulai bisnis kuliner yang sederhana, tapi disukai banyak orang. Makanan ringan atau sampingan, seperti kue kering atau camilan bisa menjadi jalan pembuka bisnis Anda.

3. Blogger
Jika Anda senang mengulas tentang banyak hal, Anda bisa mencoba kegiatan blogging. Di sini, pemilihan isu atau topik pembahasan sangat penting, karena itu berkaitan dengan minat pembaca.

Buat area pemasaran dari minat sendiri. Anda cukup bermodal komputer atau laptop, koneksi internet yang stabil, dan kemampuan mengungkapkan pikiran secara jelas lewat tulisan.

Hal yang perlu Anda ingat saat menjalankan bisnis ini adalah harus tekun dan sabar karena pendapatan Anda tergantung jumlah orang yang mengunjungi blog Anda. Selain menjadi blogger, Anda juga bisa memulai bisnis cyber ini dengan menjadi seorang youtuber.

Apa yang Anda perlukan sebagai youtuber? Cukup koneksi komputer yang stabil dan kreativitas membuat rekaman video yang menarik. Terkait dengan itu, penting pula Anda perhatikan soal resolusi video. Maka, usahakan menggunakan kamera dengan resolusi tinggi agar gambar rekaman Anda tidak pecah.

4. Bimbingan Belajar
Jika Anda pandai dalam mata pelajaran tertentu, dan senantiasa mengikuti perkembangan kurikulum sekolah, Anda bisa menawarkan jasa bimbingan belajar kepada anak-anak. Promosi awal untuk bisnis bimbingan belajar (bimbel), bisa Anda lakukan dengan menyebar selebaran di lingkungan setempat atau kepada teman-teman Anda.

5. Jasa Cleaning Service
Jika Anda orang dengan tipe bernyali dan suka tantangan, pekerjaan sebagai tukang bersih-bersih adalah bisnis yang dapat dimulai dengan investasi yang kecil. Anda cukup memiliki keahlian dalam membersihkan ruangan dan memiliki trik bagus soal menjaga kebersihan. Jangan meremehkan bisnis ini. Mulanya memang Anda harus melakukan pekerjaan bersih-bersih sendiri. Tapi, jika Anda tekun, tidak menutup kemungkinan Anda bisa merekrut anak buah. Agar bisnis Anda mendapat sambutan baik dari masyarakat, gunakan produk-produk pembersih yang ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya