SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang puas dalam karier (Careerealism.com)

Tips karier kali ini mengulas soal tiga trik untuk meningkatkan kepuasan saat bekerja.

Solopos.com, SOLO — Ada saat ketika Anda mungkin merasa jenuh karena tidak merasakan kepuasaan dalam pekerjaan Anda. Jika ia, sebaiknya Anda ikuti tips kali ini, Minggu (20/9/2015), untuk meningkatkan kepuasan Anda dalam bekerja sehingga tampak selalu bersemangat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan hasil jajak pendapat Gallup, yang Solopos.com kutip dari Careerealism, Minggu, hanya sekitar 13% dari karyawan di seluruh dunia yang merasa benar-benar merasa terlibat dalam pekerjaannya.

Perlu Anda sadari, uang bukan satu-satunya parameter seseorang merasa puas dengan pekerjaannya.

Profesor Kerja dan Organisasi Psikologi di Erasmus University Rotterdam, Arnold B. Bakker, mengemukakan pendapatya bahwa keterlibatan kerja dapat berefek positif pada kepuasan sumber daya pekerja.

“Inti pekerjaan, antara lain peluang untuk membangun dan tumbuh. Perlu dukungan sosial, pelbagai keterampilan, dan umpan balik kinerjanya. Itu merupakan faktor yang paling penting dari rasa kepuasan bekerja, keterlibatan kerja karyawan,” kata Bakker.

Sementara itu, Profesor Jane E. Dutton dari University of Michigan dan rekannya Justin M. Berg dari Wharton School dan Amy Wrzesniewski from Yale School of Management, juga melakukan penelitian yang luas soal efek dari rajin bekerja.

Salah satu temuan Jane yang menarik adalah bahwa orang-orang dalam pekerjaan berstatus rendah adalah orang-orang yang mudah puas dengan pekerjaannya. Hal tersebut berbanding terbalik dengan orang-orang yang bekerja di jajaran tinggi.

Terkait dengan cara meningkatkan kepuasaan dalam berkarier, simak tida langkah berikut ini.

1. Ubah Cara Kerja
Ada banyak orang yang tak sempat melakukan kegiatan lain lantaran waktunya seolah tersita untuk bekerja di kantor. Jika sudah seperti ini, seseorang akan merasa jenuh dengan pekerjaannya, dan cepat atau lambat akan muncul perasaan menyesal.

Cobalah untuk mengubah cara kerja Anda. Anda bisa memanfaatkan tugas-tugas tambahan dari kantor sebagai jalan Anda untuk menumbuhkam semangat dan kepuasaan dalam berkarier.

Dengan tugas tambahan ini, Anda pun dapat menikmati lingkungan di luar tempat bekerja Anda.

2. Rajut Hubungan Baik dengan Teman
Kebahagiaan dan kepuasaan tidak bisa diukur dari rumah megah atau banyak gaji semata. Lebih dari itu, Anda perlu membangun komunikasi dalam hubungan pertemanan Anda di kantor.

Bagaimana pun kebahagiaan dan kepuasaan tidak boleh Anda nikmati sendiri. Jadi, meluangkan waktu untuk membangun hubungan pertemanan dengan rekan kerja atau bahkan pelanggan dapat menjadi cara lain untuk meningkatkan kepuasan kerja.

3. Pola Pikir Soal Pekerjaan
Dutton berpendapat, bekerja itu bukan soal nominal gaji, tapi lebih untuk membentuk pola pikir yang baik dalam hidup. Apabila Anda merasa tidak puas dengan pekerjaan Anda saat ini, cobalah untuk mengubah cara pandang Anda soal pekerjaan yang sedang Anda lakoni.

Menurut Dutton, orang harus berpikir tentang manfaat bekerja untuk kondisi psikologi dan wawasan tentang lingkungan yang berbeda. Ketika orang sudah melihat suatu pekerjaan sebagai salah satu cara makna berarti dalam hidupnya, seseorang akan cenderung bekerja dengan hati ikhlas dan tak merasa dibebani dengan tugas. Inilah yang kemudian mmebuat seseorang puas dalam pekerjaannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya