SOLOPOS.COM - Ilustrasi sarapan pada pagi hari (magforwomen.com)

Solopos.com, SOLO – Jangan sepelekan sarapan sebelum Anda mulai beraktivitas pada pagi hari. Maka, stelah Anda membaca artikel ini, mulailah untuk selalu sarapan karena ternyata sarapan menyimpan banyak manfaat yang dapat kita ambil untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh seperti dilansir Magforwomen, Selasa (10/12/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Memberikan Asupan Energi

Pada pagi hari, perut kita dalam keadaan kosong dan membutuhkan makanan untuk diolah sebagai sumber energi bagi tubuh. Makanlah makanan yang mencakup semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, termasuk karbohidrat, protein, dan serat.

Menjaga Berat Badan Ideal

Jika Anda menginginkan berat badan ideal lalu meninggalkan sarapan, hal tersebut bukanlah tindakan yang tepat. Melewatkan sarapan justru akan membuat Anda menginginkan makan makanan berkalori tinggi pada jam makan selanjutnya. Jadi, alangkah baiknya jika Anda sarapan pada pagi hari demi menghindari nafsu makan berlebih pada siang harinya.

Mempertajam Kemampuan Berpikir

Sarapan yang bernutrisi bukan hanya membuat tubuh Anda lebih sehat, tetapi juga mempertajam kemampuan otak untuk berpikir. Sarapan juga dapat memperkuat memori Anda dalam bekerja. Sebaliknya, kelaparan akibat tidak sarapan bisa membuat Anda apatis dan mudah tersinggung ketika dihadapkan pada tugas-tugas yang sulit.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jika Anda sering kali mudah terserang pelbagai penyakit, seperti flu, ada kemungkinan itu terjadi karena Anda terlalu sering melewatkan sarapan. Sarapan bernutrisi dan sarat gizi akan meningkatkan metabolisme tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Orang yang jarang sarapan pada pagi hari lebih rentan terhadap penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Wanita yang sering tak sarapan meningkatkan risiko diabetes. Selain itu melewatkan sarapan juga dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi sehingga menyebabkan penyakit jantung.

 

Sudahkah Anda sarapan?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya