SOLOPOS.COM - Ilustrasi jus buah (JIBI/Dok)

Solopos.com, SOLO – Kunci utama diet bagi penderita diabetes adalah mempertahankan tingkat gula darah. Beberapa makanan dengan kadar gula yang tinggi seperti permen, kue, dan beberapa makanan manis lainnya dapat menimbulkan lonjakan kadar gula darah yang dapat berakibat fatal.

Lalu, makanan apa saja yang perlu dihindari oleh para penderita diabetes? Berikut beberapa makanan yang harus dihindari penderita diabetes sebagaimana dikutip Healthmeup, Selasa (17/6/2014):

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Buah yang Dikeringkan
Buah kering memang makanan sehat dan membantu mengurangi kemungkinan konstipasi. Tapi buah-buahan kering seperti aprikot dan kismis dapat meningkatkan gula darah. Buah-buahan segar memang tidak menimbulkan risiko bagi penderita diabetes, namun buah-buahan kering justru sebaliknya karena mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Susu
Susu mengandung lemak jenuh yang ternyata dapat meningkatkan risiko resistensi insulin. Selain lemak jenuh memiliki susu juga berefek buruk pada kesehatan jantung.

Jus Buah
Meskipun membuat jus buah di rumah tampak menyehatkan, tapi jus buah gula. Jus buah juga tidak memiliki kandungan serat, oleh karenanya jus menjadi makanan yang tidak sehat bagi penderita diabetes.

Roti Putih
Roti putih adalah sebuah bumerang bagi penderita diabetes. Tapi roti putih dan nasi dapat mengganggu kontrol glukosa dalam darah. Sebaiknya gantilah roti putih dengan bahan roti dari biji-bijian.

Kentang Goreng
kentang goreng atau makanan berminyak dapat meningkatkan tingkat gula dalam darah. Selain itu, makanan yang digoreng juga dapat berpengaruh buruk pada sistem kardiovaskular.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya