SOLOPOS.COM - Ilustrasi kubis (healthmeup.com)

Solopos.com, SOLO – Kubis merupakan sayuran yang sangat populer di China. Di Indonesiakubis juga sangat mudah ditemukan dan seringkali dimanfaatkan untuk membuat pelbagai macam masakan yang sarat akan manfaat bagi kesehatan.

Tapi, sebagian besar dari kita hanya memakan kubis tanpa tahu manfaat yang terkandung di dalam sayuran tersebut. Oleh karenanya, laman Healthmeup, Kamis (20/3/2014), menyajikan berbagai informasi yang terkandung dalam sayuran itu.

Mencegah Kanker
Kubis mengandung senyawa lupeol, sinigrin, dan sulforaphan yang mampu mencegah pembentukan tumor di dalam tubuh.

Membantu Mendapatkan Berat Badan Ideal
Kubis mengandung serat dan karbohidrat sehat dan juga rendah kandungan lemak. Jadi, kubis sangat cocok membantu Anda mendapatkan berat badan ideal.

Merawat Kulit dan Rambut
Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak serta masalah jerawat, kubis dapat membantu mengurangi minyak dalam kulit. Selain itu, kubis juga mengandung sulfur yang sangat penting untuk menghasilkan keratin agar rambut dan kuku tetap sehat.

Menurunkan Tekanan Darah
Kubis dapat meningkatkan kadar insulin dan membantu menurunkan tingkat gula dalam darah. Bagi para penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi kubis merah.

Menangkal Radikal Bebas
Kubis mengandung antioksidan yang membatu melawan radikal bebas yang penting untuk memperbaiki sel-sel yang telah rusak.

Membuang Racun
Kubis merupakan sayur yang dapat digunakan untuk membuang racun yang ada dalam tubuh. Vitamin C dan sulfur yang terkandung di dalamnya adalah sebuah nutrisi penting yang diperlukan selama proses detoksifikasi.