SOLOPOS.COM - Mentimun, buah sehat dengan sejuta manfaat. (magforwomen.com)

Solopos.com, SOLO — Mentimun merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak sekali manfaat. Begitu banyak manfaatnya sehingga sebagian kalangan menyebut sebagai sayuran dengan sejuta manfaat.

Setiap orang bisa memanfaatkan sayuran itu dalam berbagai cara, bisa dimakan langsung sebagai kudapan, dibuat salat atau hidangan lainnya, bahkan juga bisa digunakan tanpa mengonsumsinya. Seperti dilansir Magforwomen, Kamis (28/11/2013), berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari mentimun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menangkal Dehidrasi

Mentimun memiliki banyak kandungan air. Jadi ketika Anda makan mentimun, tubuh Anda akan terisi kembali dengan banyak air yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mentimun bisa menjadi makanan ringan namun memiliki manfaat yang besar terutama saat Anda sedang berada di luar ruangan saat cuaca terik.

Memberikan Efek Dingin

Mentimun menjadi sangat berguna untuk memberikan efek dingin. Caranya, potong mentimun menjadi irisan yang rapi dan taruh di mata Anda sambil bersantai. Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan sayuran ini adalah dengan menghaluskan mentimun hingga berbentuk seperti bubur lalu dibalurkan ke seluruh tubuh. Dengan cara ini, mentimun dapat membuat kulit terasa sejuk dan segar, bahkan juga membuat kulit terasa lebih lembut.

Melawan Diabetes dan Tekanan Darah Tinggi

Jadikan mentimun sebagai camilan Anda jika Anda seorang penderita diabetes. Mentimun terbukti memiliki zat yang dapat membantu produksi insulin dalam tubuh, insulin merupakan salah satu zat yang dibutuhkan bagi penderita diabetes. Mentimun juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menstabilkan tubuh ketika Anda memiliki tekanan darah rendah. Mentimun memiliki banyak kandungan magnesium, serat dan potasium yang dapat membantu dalam mengatur tekanan darah Anda.

Menurunkan Berat Badan dan Membantu Proses Pencernaan

Jika Anda sedang melakukkan diet untuk menurunkan berat badan, Anda dapat juga memanfaatkan sayur yang satu ini. Mentimun merupakan makanan sehat yang bisa tetap Anda konsumsi. Mentimun memiliki banyak kandungan air dan serat, namun tidak memiliki lemak dan hanya memiliki kalori yang sangat rendah. Mengkonsumsi mentimun dapat membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang relatif lebih cepat. Serat yang terkandung di dalamnya juga membantu perncernaan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya