SOLOPOS.COM - ilustrasi.dok

Solopos.com, SOLO – Mengonsumsi kafein tidak hanya buruk untuk kesehatan, tetapi juga akan menimbulkan kecanduan. Jika itu terjadi, maka orang yang kecanduan kafein bakal gelisah, lekas marah, bahkan insomnia di kala unsur kafein yang ia butuhkan tak didapatkan. Tentu saja hal itu justru akan menimbulkan masalah baru yang akan menghambat kegiatan.

Berikut ini beberapa cara mudah yang dapat Anda tempuh untuk mengatasi masalah kecanduan kafein sebagaimana dikutip Healthmeup, Kamis (21/8/2014):

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kurangi Secara Bertahap
Cobalah untuk bertahap mengurangi konsumsi kafein. Mulailah dengan mengurangi konsumsi harian Anda dengan mengurangi satu cangkir sebagai permulaan. Kemudian jika Anda bisa melewatinya, upayakan untuk mengurangi dua cangkir setiap hari hingga Anda benar-benar bisa meninggalkan kafein.

Cari Minuman Pengganti
Jika Anda tidak dapat memulai hari Anda tanpa secangkir kopi, cobalah menggantinya dengan teh herbal atau hijau. Hal ini tidak hanya akan memuaskan kebutuhan Anda untuk minum panas tapi ini juga merupakan sebuah pilihan yang sehat.

Konsumsi Air Hangat
Anda dapat mengganti secangkir kopi dengan segelas air hangat. Setiap kali Anda merasa ingin meminum kopi, minumlah air hangat sebagai gantinya. Air putih tidak hanya akan membantu Anda mengurangi konsumsi kafein, tetapi juga akan meningkatkan jumlah air yang Anda konsumsi. Itu baik bagi tubuh Anda.

Cukup Tidur
Kafein adalah stimulan yang dapat menghalau rasa kantuk. Oleh karena itu, penting bahwa Anda untuk tidur dengan cukup pada hari pertama untuk menghindari ketergantungan kafein yang membuat Anda terjaga.

Waspada Minuman Berenergi
Tak hanya kopi, minuman lain seperti minuman energi dan cokelat ternyata juga mengandung kafein. Jadi, hati-hati mengonsumsi sumber-sumber kafein tersembunyi ketika Anda mencoba untuk mengurangi konsumsi kafein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya