TIPS HIDUP BAHAGIA : Usia Pernikahan Belasan Tahun, Tak Perlu Malu Perlihatkan Keintiman

SHARE
TIPS HIDUP BAHAGIA : Usia Pernikahan Belasan Tahun, Tak Perlu Malu Perlihatkan Keintiman
SOLOPOS.COM - Soraya, 35, dengan suaminya Gunawan, 38, tetap mesra meski usia pernikahan mereka telah memasuki 16 tahun. Meluangkan waktu berduaan menjadi salah satu cara untuk menjaga kemesraan pasangan. (Aeranie Nur Hafnie/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Rutinitas pekerjaan sehari-hari tak jarang membuat kemesraan pasangan suami istri menjadi berkurang. Apalagi jika usia pernikahan sudah memasuki belasan tahun tak jarang hubungan suami istri menjadi hambar. Bermesraan dengan pasangan bahkan menjadi hal yang tidak pernah dilakukan lagi.

Padahal menjaga kemesraan bersama pasangan hidup menjadi salah satu elemen penting untuk mencapai keluarga yang harmonis. Nah, bagi suami istri yang mulai merasakan hangatnya kemesraan mulai menghilang bisa menyiasatinya dengan mengatur waktu untuk berlibur bersama.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Lusi Dew Ariyani, 45, dari Gentan, mengatakan berlibur bersama bisa menyegarkan kembali hubungannya dengan sang suami yang setiap harinya disibukkan dengan pekerjaan di kantor. “Biasanya kami menyempatkan liburan meski hanya ke tempat yang dekat saat momen-momen tertentu seperti ulang tahun perkawinan,” kata Lusi yang merayakan ulang tahun perkawinan bersama suaminya yang ke-16 pada 15 Agustus lalu.

Selain itu saat suaminya libur kerja selalu diluangkan waktu untuk jalan-jalan atau sekadar pergi makan di luar. “Terkadang kami pergi ke tempat makan yang mengingatkan kami saat pacaran dulu. Lalu berboncengan motor berdua rasanya jadi seperti saat masih pacaran dulu. Suami juga sering merangkul saya ketika sedang berjalan bersama. Dengan begitu kemesraan kami tetap terjaga,” ujar dia.

Psikolog anak dan keluarga dari Yayasan Sosial dan Pendidikan Angkasa Jaya, Faifda Ariani, mengatakan berlibur bersama menjadi cara yang sangat efektif untuk menjaga kemesraan dengan pasangan. “Kadang kala ada kejenuhan dengan rutinitas sehari-hari, maka bisa diatur jadwal berlibur ke luar kota atau ke suatu tempat tertentu. Rencanakan berlibur bersama keluarga atau tidak masalah hanya berlibur berdua dengan pasangan asalkan anak-anak ada yang mengurusi,” ujar dia.

Faifda juga menyarankan agar suami istri meski sudah lama menikah tidak perlu malu memperlihatkan kemesraan di depan umum asalkan tidak terlalu vulgar. Misalnya dengan berpegangan tangan atau bergandengan tangan maupun merangkul yang merupakan bentuk keintiman.

“Secara psikologis pasangan yang sedang sedih atau bermasalah secara emosional memerlukan pegangan tangan maupun pelukan yang merupakan bentuk dukungan dan semangat dari pasangan. Pegangan tangan maupun pelukan juga bisa meredakan amarah atau kesedihan,” kata Faifda.

Dia juga mengingatkan bagi suami istri yang sudah menikah belasan tahun agar juga fokus pada pasangan bukan hanya dengan anak. “Ketika fokus terhadap pasangan dan hal itu membuat hubungan [suami istri] harmonis maka otomatis hubungan bagus dengan anak-anak akan mengikuti,” sebutnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago