SOLOPOS.COM - Ilustrasi menata kamar tidur agar lebih cerah (freepik)

Solopos.com, SOLO – Rumah merupakan tempat berteduh paling nyaman setelah beraktivitas di luar rumah. Namun, tidak semua rumah bisa terasa nyaman karena berbagai faktor. Salah satunya adalah banyaknya orang yang tinggal di rumahmu, namun rumah memiliki keterbatasan ruang. Kondisi ini tentu sangat mengganggu kenyamanan dan kamu perlu mencari solusi dari masalah ini.

Biasanya, masalah yang terjadi adalah kurangnya kamar tidur yang mampu menampung banyak orang. Sehingga beberapa tamu atau famili yang menginap seringkali tidur di sofa dan lantai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini berdampak pada kualitas tidur yang kurang baik. Dan dari segi kesehatan bisa membuat badan pegal. Agar masalah itu tidak terjadi, kamu perlu memperhatikan ukuran kamar tidur serta tempat tidur yang kamu gunakan.

Baca Juga: Desain Interior Rumah Mungil yang Dijamin Hemat

Cara menyiasati sempitnya ruang di kamar adalah dengan ranjang susun yang disusun vertikal. Merancang dan menata ranjang susun membutuhkan kreativitas dan logika. Tak perlu bingung mendesain kamar tidur agar cukup menampung anggota famili atau tamu. Simak aja tips yang sudah kami rangkum dari arsitag.com berikut ini:

1. Pemilihan warna seprai
Suka mengoleksi berbagai warna dan desain seprai? Jika iya tentu akan lebih mudah memilih seprai yang akan kamu pakai di kasur. Namun, kamu perlu memperhatikan apakah sepraimu sudah sesuai dengan kondisi kamar tidurmu. Untuk kamu yang memiliki kamar tidur dengan 3 kasur, kamu bisa memilih seprai dengan warna dasar putih, berpola sederhana dan tidak terlalu banyak corak agar lebih rapi, lebih luas, dan nyaman.

Susun Kasur Bentuk L

2. Pikirkan umur penghuni kamar
Bagi kamu yang tinggal bersama dengan keluarga besar, untuk masalah kamar kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Terutama mengetahui siapa yang akan memakai kamar tidur. Jika ada anak-anak dan orang dewasa tempat tidur tingkat harus bisa mengakomodasi mereka. Tempatkan anak-anak atau remaja di atas tempat tidur sedangkan letakkan orang dewasa di bagian bawah.

3. Bergaya dan tetap aman
Agar kasurmu tetap aman dan gaya, kamu bisa menyusun kasur dengan bentuk L di pojok ruang serta berilah pelindung di kasur atas agar aman untuk anak-anak. Jarak antara matras kasur bawah dengan dipan atas sebaiknya kurang lebih 150 cm agar kepala tidak terbentur.
Untuk kasur berukuran lebih besar letakkan di bagian bawah dengan posisi tegak lurus. Besi pelindung di pinggir kasur atas diperlukan untuk keamanan.

Baca Juga: Begini Konsep Desain Interior Rumah Minimalis Ala Milenial

4. Letakkan menempel ke dinding
Sudah mempunyai kasur tetapi masih ingin menambah lagi? Tenang saja, kasur dengan ukuran sama bisa dibeli di toko dan disusun dalam ruang sempit. Bagian bawah kasur yang terdapat rak bisa kamu manfaatkan untuk meletakkan barang agar ruangan tetap rapi, nyaman dan lega.

5. Susun tiga
Susun kasur menjadi 3 pada ruang sempit dengan langit-langit yang cukup tinggi. Susunlah dengan posisi zig-zag di pojok ruang untuk keamanan di kasur atas. Tambah keamanan dengan besi atau kayu pelindung di pinggir ranjang. Ranjang paling bawah sebaiknya menempel dengan lantai agar ranjang paling atas tidak terlalu tinggi.

6. Selipkan di selasar
Tempelkan saja sisi ranjang ke dinding. Kamu bisa memanfaatkan kawat baja untuk menggantung ranjang. Tambahkan tangga sebagai akses dan penahan ranjang.  Bagian bawah ranjang bawah bisa difungsikan untuk meletakkan koper dan barang bawaan jika ada tamu yang menginap. Saat tidak digunakan, ranjang bisa dilipat menempel dan sejajar dinding supaya selasar kembali rapi dan lega.

Manfaatkan Area Bawah Tangga

7. Letakkan di bawah tangga
Daripada ruang bawah tangga tidak terpakai kamu bisa sulap menjadi area untuk bunk bed.

8. Susunan rak sebagai tangga
Gunakan kreativitasmu dalam hal menata kamar. Jika ruangan memiliki ukuran 3,5 m x 1 m sudah bisa menampung 2 bunk bed dan banyak rak maka kamu bisa menerapkannya.

Baca Juga: Inilah Tren Desain Interior 2021 Menurut Para Ahli

9. Gabungkan dengan area bermain
Anak-anak melekat dengan kegiatan bermain. Agar kamar tidur tidak membosankan, tempat tidur tingkat yang kamu punya bisa kamu tambahkan tali tambang besar atau tambahkan papan luncur yang aman untuk anak turun dari tempat tidur ketika masih mengantuk.

10. Manfaatkan ruang di bawah atap
Ruang di bawah atap yang biasanya cukup luas namun terkadang agak rendah bisa kamu jadikan sarana untuk menyusun tempat tidur secara berbaris, tidak perlu disusun ke atas. Manfaatkan ruang di bawah atap dengan semaksimal mungkin. Pikirkan susunan perletakan ranjang yang mungkin dan tetap perhatikan segi kenyamanan.

11. Ide kreatif yang tidak terbatas
Manfaatkan kreativitasmu dalam mendekor kamar tidur. Misalkan saja menjadikan bawah sofa bed dengan rak sebagai tempat penyimpanan dan alas sofa bed saat dijadikan kasur. Sofa bed ini bisa menampung area tidur untuk 8 orang.

Itu tadi tips dari kami buat kamu yang bingung mendesain kamar tidur. Jangan lupa untuk memperhitungkan jumlah orang yang perlu ditampung dalam kamar tidur. Serta terapkam ide kreatif yang bisa diterapkan dalam ruangan di rumahmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya