SOLOPOS.COM - Ilustrasi puasa. (Freepik)

Solopos.com, SEMARANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah (Jateng) memberikan tips bugar saat menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini menyusul situasi masyarakat Indonesia, tak terkecuali di Jateng yang dihadapkan pada situasi luar biasa pada bulan puasa tahun ini. Wabah Covid-19 menjadi krisis dunia yang mengubah segala tatanan kehidupan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kendati demikian, wabah Covid-19 bukan alasan bagi kita untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Nah, agar tubuh tetap fit, Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo, pun bersedia membagikan tips agar tetap bugar saat puasa di tengah pandemi Covid-19.

Donor Darah di PMI Klaten Gratis 2,5 Kg Beras Sepanjang Ramadan

Agar tubuh tetap bugar selama puasa dan terhindar dari risiko penularan Covid-19, Yulianto menyarankan masyarakat senantiasa menjaga asupan gizi seimbang.

"Hendaknya makan seperti buah dan sayuran. Usahakan buah yang banyak mengandung vitamin C. Warnanya yang kuning seperti pisang dan jeruk, karena akan memenuhi kebutuhan vitamin dan imunitas dalam tubuh," ujar Yulianto.

Selain makanan yang bergizi, Yulianto pun menyarankan agar menjaga stamina dengan melakukan aktivitas fisik. Berolahraga ringan, menurutnya sangat dianjurkan meski tengah berpuasa.

5 Penyakit Mematikan Ini Disebut Bukan dari Bumi

Berjemur

Selain itu, aktivitas yang tidak kalah penting adalah berjemur di pagi hari. Kegiatan ini merupakan salah satu tips tetap bugar saat puasa.

"Aktivitas seperti jalan-jalan atau lari-lari kecil di depan rumah. Juga tak kalah penting berjemur antara pukul 09.00 -10.00 WIB, untuk mempercepat metabolisme vitamin D dalam tubuh," imbuhnya.

Resep Omelet Saus Asam Manis Lezat Dan Praktis, Cocok Buat Sahur

Tak lupa, Yulianto menyarankan masyarakat tetap mengenakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah. Hal itu penting dilakukan guna mencegah penularan virus corona melalui droplet atau cairan tubuh.

Kendati demikian, Yulianto juga menyarankan mengurangi kegiatan di luar rumah selama puasa sebagai upaya memutus rantai persebaran Covid-19.

"Dan yang paling penting selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat [PHBS]. Semoga kita diberi kelancaran dalam berpuasa dan dihindari dari penularan virus corona. Selamat berpuasa!" jelas Yulianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya