SOLOPOS.COM - Pilih tempat wisata terbuka agar liburan aman dan terindar dari Covid-19. (Ilustrasi/Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Jika tempat wisata kembali dibuka, bagi Anda yang ingin berwisata sebaiknya ketahui tips aman agar terhindar dari penularan virus corona. Apalagi saat ini sejumlah pengelola tempat wisata mulai melakukan persiapan untuk membuka objek wisata.

Lalu bagaimana supaya acara berwisata tetap aman dan terhindar dari penularan Covid-19? Tentu saja yang pertama adalah harus mematuhi protokol kesehatan dan siapkan aplikasi PeduliLindungi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Karena aplikasi PeduliLindungi ini menjadi salah satu syarat yang ditetapkan pengelola tempat wisata agar acara berwisata tetap aman dan terhindar dari penularan Covid-19. Hal ini seperti dilakukan Pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) Bali. DTW Bali melakukan uji coba pembukaan akses untuk wisatawan di kawasan Pantai Kuta di Badung, Bali, Rabu (8/9/2021). Gubernur Bali Wayan Koster mengizinkan Daya Tarik Wisata (DTW) alam, budaya, buatan, spiritual dan desa wisata di Pulau Dewata untuk mulai melakukan uji coba pembukaan kawasan bagi wisatawan dengan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen, menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta mengimplementasikan aplikasi PeduliLindungi.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga:  Pantai Kuta Bali Mulai Uji Coba untuk Menerima Kunjungan Wisatawan

Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia Dr. dr. Tri Yunis Miko Wahyono, MSc memberikan tips berwisata aman dari penularan Covid-19. Pertama, hindari percikan air liur saat berbicara. Penyebaran virus corona itu terjadi melalui penularan droplet, dari percikan air liur saat berbicara. Hal itu yang membuat masyarakat diminta patuh pakai masker dan jaga jarak serta menghindari kerumunan agar tidak terpapar Covid-19.

Adapun masker yang digunakan berbahan kain hanya melindungi 70%, sedangkan masker bedah hanya 80%-90%. Masker paling aman jenis N95.

Lalu,  hindari kerumunan yang menyebabkan tak ada jarak. Pilih daerah wisata yang tak terlalu padat karena menghindari potensi penyebaran virus corona. Selain itu pastikan lokasi hiburan itu di tempat terbuka seperti pantai atau wisata pegunungan (outdoor). Hindari ruangan tertutup yang tidak masuk cahaya matahari dan udara.

Baca Juga: 4 Hormon Ini Terganggu, Efeknya Tubuh Sering Merasa Lelah Tanpa Sebab

Tips berwisata aman dan terhindar dari penularan Covid-19 adalah pastikan kondisi tubuh fit atau sehat sebelum memutuskan berangkat liburan. Jika kondisi fisik bermasalah sebaiknya tunda perjalanan dan lebih baik mencari hiburan di dekat rumah dengan jarak terjangkau.

“Kuncinya adalah menghindari penularan melalui droplet. Makanya harus memakai masker yang melindungi hidung dan mulut. Menjaga jarak agar saat berbicara sedikit droplet keluar. Tetap saling menjaga jarak sehingga tidak terkena. Dan yang juga penting untuk mencuci tangan pakai sabun,” papar Tri Yunis Miko Wahyono seperti dikutip dari covid19.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya