SOLOPOS.COM - Pereli Jepang Hiroshi Masuoka. (Motorsport.com)

Tips berkendara dibagikan oleh pereli senior asal Jepang.

Solopos.com, JAKARTA – Jalanan beraspal di Jakarta ternyata lebih ekstrem dan mengerikan ketimbang medan off road. Hal itu diungkapkan pereli asal Jepang, Hiroshi Masuoka ketika berbagi tips berkendara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Hiroshi, jalanan aspal di Indonesia lebih mengerikan lantaran banyaknya motor maupun mobil yang berbelok secara tiba-tiba dan menyalip dari arah yang tidak diduga.

Ekspedisi Mudik 2024

“Di Indonesia hati-hati saja tidak cukup, ada motor dan mobil tiba-tiba. Harus lebih konsentrasi,” ujarnya dalam sesi coaching clinic tentang tips berkendara bersama Mitsubishi sebagaimana dikutip dari laman Detik, Sabtu (5/3/2016).

Hiroshi bahkan memberi sedikit gambaran tentang budaya berkendara di negara asalnya yang notabene sama-sama berjalan di lajur kiri dan menggunakan mobil setir kanan.

“Di Indonesia banyak celah jalan untuk belok kanan dan putar balik. Kalau di Jepang jarang belok kanan, belok kiri, atau putar balik jadi lebih rapi. Jalanan Indonesia kalau lebih rapi mungkin bisa lebih aman,” tutur Hiroshi.

Tetapi untuk membuat kondisi jalan seperti itu dibutuhkan kerja sama antara masyarakat dan pemerintah. Masyarakat harus menghentikan kebiasaan buruknya. Sedangkan pemerintah membuat peraturan dan memperbaiki infrastruktur.

“Jepang dahulu juga seperti itu [jalanan semrawut], tapi sekarang sudah diatur jadi macetnya sedikit,” ungkap Hiroshi sekaligus menutup sesi berbagi tips berkendara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya