SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Sepeda motor sport bekas. (Federaloil.co.id)

Solopos.com, SOLO — Membeli motor bekas adalah solusi ketika dana untuk membeli motor baru tidak mencukupi. Demikian juga saat ingin beli sepeda motor sport, Anda bisa memilih motor sport bekas.

Namun harus diingat, setiap hendak membeli motor bekas termasuk motor sport, Anda harus pintar memilih dan jeli dengan kondisinya. Termasuk kelengkapan surat-suratnya.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Berikut tips beli motor sport bekas, agar mendapatkan motor sport sesuai keinginanmu seperti dikutip Solopos.com dari Federaloil.co.id.

Anda harus mengecek sejumlah bagian kendaraan ketika hendak beli motor seken, termasuk motor sport bekas.

Cek bagian mesin.

Bagian mesin ini sangat penting, kamu bisa lihat ada rembesan oli apa tidak. Untuk mengetahui apakah kondisi mesin motor sport bekas masih bagus atau tidak, silahkan hidupkan motor.

Baca juga: Kakorlantas Polri: Pakai Sandal Jepit Saat Naik Motor Tidak Ditilang

Jika ada suara aneh di sekitar head silinder, itu bisa terjadi karena klep renggang atau rantai keteng yang mulai kendur. Jika di bagian tengah mesin, kemungkinan komponen di bearing kruk as renggang atau stang pistonya mulai kena.

Cek speedometer

Saat beli motor bekas cek speedometer untuk melihat jarak tempuh. Apabila sepeda motor sudah berusia lebih dari 3 tahun tapi jarak tempuh hanya puluhan ribu patut dicurgai.

Jangan lupa cek pada panel meter, apabila lampu-lampu indikator masih menyala normal, seperti penunjuk bbm, dan penghitung jarak tempuh berarti motor masih oke.

Kelistrikan motor

Cek kelistrikan motor, karena kelistrikan sangat penting untuk sepeda motor. Cek mulai dari lampu-lampu jika kelistrikan tidak ada masalah maka lampu LED jarang putus.

Baca juga: Pahami Kedipan Lampu Orange Pada Panel Instrumen Motor Injeksi

Jangan lupa sebelum beli motor sport bekas, lakukan test ride, ini sangat penting supaya kita benar-benar tahu kualitas motor sport bekas yang akan kita beli.

Bagian kaki-kaki

Cek bagian kaki-kakinya, jika shock breaker masih bagus, saat melibas polisi tidur atau jalan bergelombang tetap stabil, tapi jika ada goyangan biasanya bearing roda sudah tidak bagus.

Tangki bensin

Terkahir, periksa tangki bahan bakarnya, motor yang sudah di atas 5 tahun akan terdapat karat di bagian tangki.Jika bensin terlihat keruh, ini indikasi motor sudah lama tidak digunakan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya