SOLOPOS.COM - Ilustrasi ayah membacakan cerita untuk anak (www.dailymail.co.uk)

Tips asuh anak kali ini mengulas tentang cara tepat mengajarkan kedisiplinan kepada anak.

Solopos.com, SOLO — Anak perlu diajarkan kedisiplinan sejak usia dini. Terkait dengan itu, ada empat cara untuk menanamkan nilai moral tersebut.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Dilansir Times of India, Senin (25/1/2016), salah satu cara untuk mendisiplinkan anak adalah dengan memberi reward atau penghargaan ketika si buah hati melakukan hal baik.

Reward untuk Perbuatan Baik
Setiap kali anak melakukan hal benar, berikan penghargaan (reward) kepadanya. Penghargaan bisa berupa pujian kepada si buah hati. Atau ketika anak selalu tepat bangun tidur dan masuk sekolah, orang tua boleh memberinya kado khusus di akhir bulan. Hal ini bisa memotivasi anak untuk selalu berusaha displin.

Menetapkan Aturan Tertentu
Sebagai orang tua, Anda boleh membuat daftar aturan dan hukuman terhadap pelanggaran aturan. Daftar aturan dan hukuman tersebut mengarahkan anak untuk berhati-hati dalam berperilaku.

Taktik Halus
Jika ada hal tak benar dilakukan anak, hindari berkata kasar kepadanya. Akan lebih baik jika Anda mendiamkan anak untuk beberapa saat. Bahkan, Anda boleh tidak membelikan permen kesukaannya jika si anak tidak disiplin atau melakukan hal tidak terpuji.

Mengatur Rutinitas Anak
Mengatur rutinitas anak di sini maksudnya adalah mengingatkan si anak dengan rutinitas yang memang harus ia kerjakan, seperti sekolah, les, atau bermain. Arahkan anak untuk bisa tepat waktu dalam setiap kegiatan rutinnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya