SOLOPOS.COM - Alat edukasi bahaya rokok (Youtube.com/Whatsappindia)

Tips asuh anak kali ini menampilkan media edukasi soal bahaya rokok.

Solopos.com, SOLO — Edukasi soal bahaya rokok bisa diberikan kepada anak sejak dini denga media sederhana yang bisa Anda buat sendiri. Seperti apakah itu? Simak ulasannya dalam tips ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akun Youtube Whatsappindia, melansir rekaman video tutorial membuat alat edukatif untuk memahamkan anak soal bahaya rokok, yang bisa mengotori paru-paru.

Sebagaimana pantauan Solopos.com pada rekaman video berjudul Education of Smoking In Schools tersebut, Jumat (26/2/2016), Anda hanya perlu menyiapkan satu  botol kosong air mineral ukuran satu liter. Siapkan pula sebatang rokok, sebatang sedotan, korek api, tisu, karet, dan pelubang botol.

Langkah pertama, lubangi tutup botol seukuran diameter batang rokok. Lubangi pula bagian samping bawah botol.

Langkah kedua, selipkan sebatang rokok pada tutup botol yang telah dilubangi. Ketiga, potong sedotan sepanjang batang rokok, lalu selipkan ke lubang samping bawah botol. Sumbat sedotan dengan kapas atau tutup dengan kertas.

Langkah keempat, sulut rokok dan tunggu hingga rokok terbakar habis. Anda akan lihat botol kosong Anda akan dipenuhi dengan asap rokok. Buka tutup botol dan ganti penutup botol dengan tisu. Ikat tisu dengan karet agar tidak lepas.

Kemudian, lewat pipa sedotan di samping bawah botol, tiupkan napas Anda. Asap-asap dalam botol pelan-pelan akan menghilang, tapi lihatlah di bagian tisu, akan ada bercak berwarna cokelat pekat. Hal itu menandakan bahwa asap rokok bisa membuat paru-paru kotor.

Untuk lebih jelas, Anda bisa menyimak rekaman video tutorial pembuatan alat edukatif tersebut lewat link https://www.youtube.com/watch?v=VMNzGRvgrrI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya