SOLOPOS.COM - Anak-anak bermain di taman kelinci di 5th Kidscastle Jurassic diselenggarakan di JEC – Yogyakarta dari tanggal 23-27 Maret 2016 dari pukul 9.30 sampai dengan 22.00 WIB. (Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja)

Tips asuh anak menginformasikan berapa usia ideal anak bersekolah?

Solopos.com, SOLO – Di era modern, orang tua berlomba-lomba memasukkan anak ke sekolah favorit, bahkan di usianya yang masih sangat belia. Akibatnya, anak Anda kerap mengalami kesulitan. Lantas berapa usia tepat anak bersekolah?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ahli nutrisi menganjurkan orang tua memasukkan anak ke dunia sekolah saat berusia empat tahun karena usia tersebut adalah usia ideal anak memasuki jenjang sekolah.

“Perkembangan anak-anak, belum siap sebetulnya, jadi kelihatannya performanya belum optimal. Begitu dia sudah usia empat tahun kognitifnya sudah berkembang, dia sudah lebih pintar. Sebelum empat tahun itu waktunya bermain,” ujar Dr. Saptawati Bardosono kepada Antara di Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Sementara, bila anak memasuki masa  sekolah di bawah usia empat tahun, bukan tak mungkin performanya nanti tak sesuai harapan orang tua.

“Bila di bawah usia empat tahun, tentu saja performa kognisinya belum sesuai harapan, sementara orang tua mengeluh “kok anaknya enggak bisa ini, itu”.  Padahal memang belum,” kata dia.

Selain perkembangan kognisinya belum optimal, lanjut dr Tati, karakter anak juga belum terbentuk. Bila mereka harus masuk sekolah lebih awal dikhawatirkan pembentukan karakter anak lebih banyak dicampuri orang lain selain keluarganya.

“Karakternya belum terbentuk. Jadi khawatirnya, bila sekolah sebelum usia empat tahun, pembentukan karakternya tidak mewakili keluarganya. Banyak campur tangan di luar keluarganya. Itu yang membuat dia nanti menjadi berbeda,” tutur dia.

Sembari mempersiapkan masa sekolahnya, orang tua sebaiknya mengajarkan berbagai hal misalnya toilet trainning, cara bersosialisasi dengan orang lain di luar keluarga, cara berbagi dengan orang lain, pengenalan waktu makan, tidur, dan lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya