SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tips asuh anak kali ini mengulas soal cara menghadapi remaja yang sedang patah hati.

Solopos.com, SOLO — Bagi orang tua, melihat anaknya patah hati adalah sesuatu yang memilukan. Di titik seperti itu, orang tua harus bisa bersikap bijaksana agar tidak salah langkah, sehingga membuat masalah asmara sang anak makin rumit.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Kali ini, Senin (9/11/2015), Solopos.com rangkum beberapa tindakan tepat orang tua untuk meredam gejolak hati sang anak yang sedang patah hati.

– Berempati
Sebagaimana dilansir Allwomenstalk, jangan pernah berpikir untuk menganggap enteng masalah patah hati anak. Pahamilah perasaan cinta yang tumbuh di benak remaja adalah wajar. Mulai tertarik dengan lawan jenis juga merupakan siklus pendewasaan sang anak.

Maka dari itu, jangan sekali-kali menyepelekan kesedihan sang anak ketika merasa cintanya terluka. Sebagai orang tua, ada baiknya menunjukkan sikap berempati. Jika si anak belum mau menceritakan masalah asmaranya, setidaknya jangan bersikap tak acuh dan seolah-olah tidak peduli. Empati Anda sangat berarti untuk anak.

– Bicarakan Masa Depan
Ketika anak remaja Anda terpuruk oleh cinta, sebaiknya alihkan pikiran mereka dari tema-tema asmara. Misalnya, Anda mengajaknya berbincang soal masa depan yang masih panjang dan harus diraih dengan sungguh-sungguh.

Bukan berarti melarang anak untuk jatuh cinta, tapi berikanlah harapan tentang masa depan cerah yang bisa diraih anak meski cintanya saat ini diabaikan orang lain.

Intinya, alihkan kesedihan anak ke hal-hal positif yang meningkatkan semangatnya.

– Makanan Favorit
Saat anak remaja Anda patah hati, mungkin ia kehilangan nafsu makannya. Tapi, setidaknya tunjukkan perhatian dan simpati Anda dengan memasak makanan favorit sang anak.

Sebagai orang tua, Anda harus sabar mengarahkan anak agar tidak terjerembab ke aksi mogok makan yang bisa merugikan diri sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya