SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Hewan peliharaan bisa dikatakan adalah sahabat Anda ketika berada di rumah. Karena itu, tak jarang Anda membawa hewan peliharaan berjalan-jalan di sekitar rumah atau di area lain yang cukup jauh dari rumah.
Untuk membawa hewan peliharaan berjalan-jalan di tempat lain, salah satu cara membawanya tentu dengan menggunakan mobil.
Jika Anda ingin membawa hewan peliharaan berkendara dan Anda mengemudi sendiri, tak ada salahnya Anda mengikuti tujuh tips berikut ini agar berkendara tetap lebih aman sambil membawa hewan peliharaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Mengikat Hewan

Ketika mengajak hewan peliharaan berkendara, hal utama yang harus dilakukan adalah mengikat hewan peliharaan dengan tali ke kursi atau pegangan lain.
Tali yang digunakan jangan terlalu panjang maupun terlalu pendek, pastikan hewan tersebut memiliki ruang cukup untuk bergerak namun juga jangan sampai mengganggu pengemudi. Akan lebih aman lagi jika hewan peliharaan diletakkan di dalam kandang sendiri.

2. Mengunci Pintu dan Jendela
Ketika membawa hewan peliharaan, Anda juga harus pastikan bahwa pintu dan jendela dalam keadaan terkunci dari sentral. Hal itu untuk memastikan hewan peliharaan Anda tidak secara sengaja menginjak tombol pembuka pintu atau pembuka jendela.

3. Menjauhkan Hewan dari Dashboard
Jika Anda membawa hewan dan mengemudi sendiri, letakkan hewan peliharaan di kursi belakang.
Hal itu untuk mencegah hewan peliharaan Anda dari menyentuh tombol-tombol di mobil, seperti tombol radio maupun alat kendali lainnya.

4. Jangan Meninggalkan Hewan Sendirian
Ketika harus meninggalkan mobil dalam waktu singkat, usahakan agar hewan Anda tidak ditinggal sendirian, terutama bagi hewan yang baru pertama kali naik mobil dan sangat manja dengan pemiliknya.
Namun, jika memang terpaksa harus meninggalkan hewan di dalam mobil sendirian, berikan ventilasi udara yang cukup melalui jendela. Matikan mesin mobil, dan jangan lepaskan tali pengekang hewan.

5. Memberi Mainan
Ketika membawa hewan peliharaan berkendara, terutama untuk jarak yang lumayan jauh, bawa juga mainan favorit di dalam mobil.

6. Memberi Makan
Sebelum membawa hewan peliharaan berkendara, berikan dulu hewan peliharaan Anda makanan hingga kenyang sebelum masuk ke dalam mobil agar hewan Anda tidak ribut kelaparan di tengah perjalanan.
Akan tetapi, Anda juga tetap harus membawa makanan ringan hewan peliharaan Anda. Bawalah makanan ringan yang kering sehingga tidak akan mengotori interior mobil Anda.

7. Berhenti secara Berkala
Tips yang terakhir ketika membawa hewan peliharaan berkendara adalah untuk berhenti secara berkala, terutama untuk perjalanan jauh. Tak hanya manusia yang membutuhkan istirahat dan peregangan, tapi hewan juga membutuhkannya. Ajaklah hewan Anda berjalan-jalan ketika sedang berhenti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya