SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang. (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO – Memiliki lebih dari satu sumber penghasilan menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyak juga yang mencari penghasilan tambahan untuk keamanan finansial di masa depan.

Tetapi memiliki dua penghasilan atau lebih ada risikonya apalagi jika tidak pandai mengatur waktu. Anda akan merasakan kesulitan dan bisa-bisa performa di pekerjaan utama menurun lalu dipecat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Lantas, bagaimana cara mengatur buat anda yang memiliki lebih dari satu sumber penghasilan? Dilansir dari abisgajian.id berikut tips-tips ampuh agar pekerjaan utama dan sambilan berjalan lancar meski ditekuni secara bersamaan.

Baca Juga: Pengamat Ekonomi Sebut Target Tingkat Kemiskinan 8,5% di 2022 Tak Realistis

Manajemen Waktu

Buat Anda yang memiliki pekerjaan sampingan, Anda harus benar-benar menguasai yang namanya manajemen waktu atau yang biasa dibilang dengan time management. Anda harus pintar-pintar membagi waktu 24 jam agar bisa maksimal antara satu pekerjaan dengan pekerjaan yang lain.

Anda harus pintar dalam mengatur dan mencuri waktu untuk melakukan bisnis atau kerja sampingan di dalam satu minggu. Pastikan performa pekerjaan utama tidak terganggu dengan Anda memiliki pekerjaan sampingan atau tambahan. Bisa jadi masalah kalau sampai akhirnya Anda dipecat.

Pisahkan Pendapatan

Dengan memiliki dua pekerjaan, berarti Anda memiliki dua sumber pendapatan. Agar tidak cepat habis dan tercampur, Anda bisa memisahkan dua pemasukan ini dengan cara memiliki dua rekening atau bahkan tiga rekening.
Sebagai contoh rekening pertama untuk gajian dari pekerjaan utama dan kebutuhan sehari-hari.

Rekening kedua untuk gajian dari sumber pendapatan yang kedua dan rekening yang ketiga memang dikhususkan untuk tabungan. Dengan membagi keuangan menjadi tiga rekening, Anda jadi bisa mengecek berapa besaran sumber pendapatan dan tabungan setiap bulannya.

Baca Juga: Terbongkar! Begini Cara Kerja Pinjaman Online Ilegal Jerat Korbannya

Fokus

Selain harus pintar dalam manajemen waktu, Anda juga harus fokus dengan semua kewajiban Anda. Anda harus pintar dalam mengatur pikiran dan fokus, jika sedang berada di kantor dan pada jam kantor, sebisa mungkin Anda tidak membuka pekerjaan yang berhubungan dengan kerja sampingan. Selesaikan pekerjaan utama agar bisa maksimal dan tidak berujung masalah.

Setelah jam kerja selesai atau saat akhir pekan tiba, barulah Anda bisa mengganti fokus Anda ke dalam pekerjaan sampingan atau bisnis yang memang sedang Anda tekuni. Jangan sampai mencampur pekerjaan utama dan sampingan di saat bersamaan karena tidak hanya akan merugikan diri Anda, tetapi akan merugikan rekan-rekan Anda juga. Jika Anda sudah pandai dalam mengatur waktu, perlahan-lahan portofolio Anda pun akan ikut meningkat.

Evaluasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, menjalani dua pekerjaan sekaligus memang bukan perkara mudah. Jika Anda memang terlalu memaksakan diri dan ternyata performa dari dua pekerjaan baik yang utama dan tambahan buruk dan tidak maksimal sebaiknya Anda melakukan evaluasi diri apakah Anda mampu mengerjakannya.

Tidak semua orang memiliki waktu, kesempatan, dan tenaga yang sama untuk multitasking. Terlebih, jika Anda mulai berbisnis dengan modal yang tidak sedikit. Akan sayang sekali jika memang hasilnya tidak maksimal dan merugikan diri Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya